Polda Jabar Kirim Anggotanya ke Interpol untuk Tindak Lanjuti Kasus Rizieq Shihab


SURATKABAR.ID – Kasus yang menjerat Rizieq Shihab masih dalam penanganan pihak berwenang. Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu tercatat bukan hanya berurusan dengan Polda Metro Jaya, melainkan juga menjadi tersangka di Polda Jawa Barat. Rizieq Shihab diduga melakukan penodaan lambang negara dengan menghina Pancasila.

Sebagaimana dikatakan Direskrimum Polda Jawa Barat Umar Surya Fana, pihaknya telah berkoordinasi dengan Interpol Indonesia untuk memulangkan Rizieq Shihab yang hingga saat ini belum kembali ke tanah air.

“Untuk urusan ke luar (negeri) kami tetap satu pintu lewat Interpol. Jadi kami tunggu perintah. Ada dua orang dari kami yang tetap nempel di Interpol Mabes,” kata Umar di Mabes Polri, Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2017), dikutip dari jawapos.com.

Selain itu, tidak sebatas berkoordinasi dengan Interpol, Umar juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menempatkan seorang Liaison Officer (LO) atau Perwira Penghubung di Arab Saudi.

Baca Juga: Pilpres 2019, Wapres JK Dipastikan Tak Akan Jadi Tim Sukses Jokowi

“Kami ada LO di Timur Tengah. Yan anti antara LO di Timur Tengah berkoordinasi dengan Interpol sini. Saluran itulah yang kami pakai,” imbuhnya.

Rizieq Shihab diketahui terseret beberapa kasus yang salah satunya adalah kasus penodaan Pancasila. Rizieq juga terjerat kasus chat m***m dengan seorang perempuan bernama Firza Husein. Untuk kasus yang terakhir itu, status Rizieq Shihab sudah tersangka.

Selain itu, Rizieq Shihab juga berurusan dengan hukum setelah sekelompok orang melaporkannya ke polisi atas ceramahnya yang dinilai menyinggung Tuhan serta umat agama tertentu. Ia juga dilaporkan karena dinilai melakukan penghasutan atas ucapannya tentang uang rupiah baru emisi 2016 yang dianggapnya bergambar palu arit.

Belum habis di situ, Rizieq Shihab juga dilaporkan hansip di Jakarta dan Kalimantan Timur lantaran dalam salah satu ceramahnya, Rizieq dianggap menghina mantan Kapolda Metro jaya, Irjen Mochamad Iriawan dan hansip.