Benarkah Daging Kambing Bikin Darah Tinggi? Ini Kata Dokter Spesialis Gizi


SURATKABAR.IDHari Raya Idul Adha semakin dekat, itu tandanya akan banyak menu masakan dengan bahan dasar daging sapi atau daging kambing. Namun sayang, banyak orang yang malah menghindari masakan yang berbahan dasar daging kambing yang lezat itu.

Tidak sedikit orang yang takut makan daging kambing karena percaya bahwa daging kambing sangat cepat menaikkan tekanan darah sehingga bagi para penderita darah tinggi sudah pasti memilih untuk jauh-jauh dari olahan daging kambing. Tapi benarkah daging kambing adalah penyebab utama darah tinggi?

“Kambing cukup sehat asal dagingnya saja, bukan dibarengi dengan jeroan, babat, otak, dan usus.” Kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Candrawinata,m SpGK, dikutip dari Kompas.com, Selasa (29/8/2017).

Menurut dr Johanes penyakit darah tinggi yang konon katanya disebabkan oleh daging kambing merupakan mitos saja. Ia malah menyatakan bahwa satu kilogram daging kambing yang langsung dikonsumsi tidak akan menyebabkan tekanan darah naik atau darah tinggi.

Baca Juga: Menyambut Idul Adha, Polda Metro Imbau Tak Lakukan Takbir Keliling

Ia bahkan menegaskan bahwa daging kambing lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi, sebab daging kambing memiliki kadar kolesterol dan lemak yang jauh lebih rendah daripada daging sapi.Selain itu, ia juga menambahkan bahwa ternyata zat besi serta zinc yang ada dalam daging kambing lebih banyak jika dibandingkan dengan daging sapi.

Informasi yang dikumpulkan hellosehat.com menyebutkan, bahwa mitos daging kambing menyebabkan darah tinggi dikarenakan adanya kesalahan saat memasak daging kambing tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia daging kambing lebih sering diolah menjadi masakan yang berkuah santan. Hal itulah yang sebenarnya menyebabkan masakan berbahan dasar daging kambing menjadi tidak sehat karena santan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

Belum lagi bumbu-bumbu yang digunakan untuk mengolah daging kambing tersebut serperti kecap, garam, micin, dan penyedap makanan lain yang sebenarnya itulah penyebab tekanan darah tinggi jika dikonsumsi berlebihan.

Oleh karena itu cara masak yang tepat juga harus diketahui agar mendapatkan manfaat nutrisi secara optimal dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.