400 Ribu Jamaah Haji Ditolak Masuk Makkah, Ada Apa?


    SURATKABAR.IDKabar terbaru dari Jemaah haji tahun ini kembali terkendala dengan masalah visa. Ada sekitar 400 ribu Jemaah haji yang tidak mendapat izin untuk masuk Makkah lantaran mereka tidak memiliki visa haji.

    “Ada lebih dari 400 ribu Jemaah haji tanpa izin (visa) haji dan 208.236 kendaraan yang membawa telah dikirim kembali ke titik masuk Makkah,” kata Kolonel Sami Al-Shuwairekh, Direktur Humas dan Departemen Media di Keamanan Umum Saudi Arabia, Makkah, dikutip Ihram.co.id.

    Informasi yang dikumpulkan oleh Ihram.co.id menyatakan, dari 400 ribu Jemaah haji tersebut ada sekitar 1.841 orang yang dikembalikan masuk ke Makkah dan dikenai hukuman pidana. 200 ribu Jemaah yang ditolak merupakan Jemaah domestik dan sekitar 1.734 juta orang Jemaah asing.

    Juru bicara Kementrian Kesehatan Saudi Arabia, Mishal Al-Robaian mengatakan bahwa tidak ada epidemic termasuk kolera yang dilaporkan diantara 400 ribu Jemaah tanpa visa haji tersebut. Sehingga sudah dipastikan para Jemaah haji tanpa izin tersebut bebas dari penyakit menular.

    Baca Juga: Subhanallah, 9 Muslim Inggris yang Berangkat Haji dengan Naik Sepeda

    Di sisi lain, Kolonel Abdullah Al-Harthy, juru bicara Pertahanan Sipil, menyatakan bahwa sejauh ini tidak ada laporan kecelakaan diantara para Jemaah haji tersebut meski ada ribuan bahkan sampai puluhan ribu bus yang digunakan para Jemaah haji tanpa visa tersebut untuk mengangkut mereka dari Makkah ke Mina serta dari Madinah ke Makkah.

    Untuk Jemaah haji asal Indonesia bisa bernafas lega karena seperti yang sudah dikatakan Kementrian Agama Juli kemarin bahwa Kemenag sangat optimis bahwa visa Jemaah ibadah haji Indonesia 2017 aman.

    “Kalau melihat posisi sekarang mengenai visa insya Allah kita aman, karena kita sudah benar-benar mengantisipasi jangan sampai kemudian terjadi masalah untuk urusan visa” ungkap Nur Syam, Sekjen Kemenag, usai melepas petugas Jemaah haji di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, dikutip globalnews.co.id, Selasa (25/7/2017)

    Dengan demikian, menurut Sekjen Kemenag, proses pemvisaan Jemaah Haji 2017 sudah bisa dikatakan aman.