Gagal ke Final, Timnas Indonesia Dijuluki Begini oleh Thailand


SURATKABAR.ID – Kemenangan Malaysia dalam semifinal sepakbola SEA Games 2017, mematahkan harapan timnas Indonesia untuk membawa pulang emas.

Bahkan, usai berakhirnya laga, sejumlah pemain timnas U-22 tampak menangis di tengah lapangan karena kekalahan di menit-menit akhir. Pemain Malaysia pun merangkul dan menyemangati mereka.

Sebenarnya, sejak pertandingan dimulai, pemain Indonesia terus-menerus menekan dan memberikan serangan bagus ke gawang Malaysia.

Sayang, serangan-serangan ini tak bisa diakhiri dengan baik karena kegagalan memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan, tanpa tiga pemain pilarnya, Indonesia bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: Mengejutkan! Setelah Ribut dengan Indonesia di Lapangan, Ini yang Dilakukan Timnas Kamboja di Ruang Ganti

Gol yang dihasilkan pemain Malaysia pun tak terjadi karena serangan balik, melainkan sebuah bola mati yang dapat dimanfaatkan dengan apik hingga menghasilkan gol. Sayang, Indonesia tak dapat memberikan gol balasan setelah gawangnya kebobolan. Permainan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Malaysia.

Siapa sangka, kekalahan Indonesia melawan Malaysia ini juga menjadi sorotan Thailand. Mereka mengapresiasi semangat dan permainan apik para punggawa timnas Indonesia.

Meski gagal masuk ke final, Thailand menganggap bahwa Garuda Muda merupakan Tim Terbaik ASEAN. Apalagi, selama babak penyisihan, Indonesia dan Thailand sama-sama hanya kebobolan 1 gol.

Tak cuma itu, Thailand juga mengakui bahwa permainan timnas Indonesia jauh lebih baik jika dibandingkan Malaysia.

Sebelum Indonesia dan Malaysia bertanding, striker Thailand, Sittichok Kannoo, juga sempat mengatakan bahwa dirinya ingin bertemu Indonesia di final.

“Sebabnya, mereka (Indonesia) adalah tim yang lebih baik daripada Malaysia,” katanya, dilansir bolasport.com.

Kannoo juga sempat mengkritisi para permainan timnas Malaysia saat keduanya berlaga dalam Piala AFC U-23 di Bangkok.

“Lini belakang Malaysia rapuh. Striker mereka juga tak terlalu efektif, terutama saat bertemu tim kuat seperti Indonesia. Kami bisa mengalahkan Malaysia (3-0) di kualifikasi Piiala AFC U-23 di Bangkok, bulan lalu,” tuturnya.

Baca juga: Ubah Penampilan, Menteri Susi Pudjiastuti jadi Sorotan Netizen

Kannoo pun kembali memberi pujian untuk timnas Indonesia. Sebab, setelah dua kali bertemu Indonesia, pertandingan selalu berakhir imbang.

“Sangat kontras dengan Indonesia yang menurut saya merupakan tim terbaik di ASEAN saat ini. Kami bertemu mereka dua kali di kualifikasi Piala AFC dan di SEA Games. Semuanya berakhir seri,” lanjut Kannoo.