Gagal Raih Emas SEA Games, Namun Timnas Justru Torehkan Rekor Ini


SURATKABAR.ID Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 memang telah gagal memenuhi target untuk bisa meraih emas di ajang SEA Games 2017,setelah dibekuk Malaysia 1-0 di babak semifinal.

Tapi di luar hal tersebut, ternyata Indonesia telah berhasil mengukir rekor baru sepanjang keikutsertaan mereka di ajang multi event se Asia Tenggara tersebut.

Seperti dilansir dari Goal.com, rekor baru tersebut adalah soal menit rekor clean sheet, alias tidak kebobolan terlama. Dimana Hansamu Yama dkk berhasil memperbaiki rekor yang sebelumnya dicatat Timnas di SEA Games sebelunnya pada tahun 2015 yang lalu.

Dua tahun yang lalu, Indonesia mampu mempertahankan gawangnya tidak dijebol lawan selama 376 menit. Hal tersebut terjadi dalam empat laga di fase grup, gawang Indonesia yang saat itu dijaga Kurnia Meiga baru kebobolan saat fase semifinal, dimana Indonesia menelan kekalahan 3-1 dari Thailand.

Sementara pada SEA Games di Malaysia tahun ini, skuat besutan pelatih Luis Milla mampu mencatatkan 522 menit tanpa kebobolan. Tercatat sebelum kalah dari Malaysia, gawang Indonesia hanya sekali dibobol pada partai perdana saat ditahan imbang Thailand 1-1.

Baca juga: Kalah 1-0, Indonesia Gagal “Ganyang” Malaysia Di SEA Games 2017

Kemudian dalam empat pertandingan sisa fase grup B, gawang Indonesia yang mendapat pengawalan dari kiper Satria Tama dan Kurnia Kartika Ajie tak mampu ditmbus oleh Filipina, Timor Leste, Vietnam dan Kamboja.

Pada akhirnya gawang Indonesia kembali jebol pada menit ke-87 oleh tandukan terarah penyerang Malaysia Naarajah Thanabalan di fase semifinal yang diselenggarakan di Stadion Shah Alam Selangor. Gol tersebut sekaligus mengubur mimpi Indonesia untuk bisa meraih medali emas SEA Games.

Perjalanan Indonesia di SEA Games sendiri masih belum berakhir. Evan Dimas dan rekan –rekannya masih harus bertanding sekali lagi melawan Myanmar untuk memperebutkan medali perunggu di Stadion Bukit Jalil pada Selasa (29/08) mendatang.

Baca juga: Apa Yang Dilakukan Suporter Indonesia Ini Di Malaysia Bikin Banyak Orang Kagum, Termasuk Tuan Rumah

Sementara, seperti dilansir dari Striker.ID, terkait dengan kekalahan skuatnya dari Malaysia, pelatih Luis Milla secara terbuka mengakui keunggulan Malaysia, meskipun ia juga tak menampik bahwa Indonesia menguasai jalannya pertandingan.

“Mereka benar – benar bisa memanfaatkan berbagai peluang dari bola – bola mati. Malaysia sangat bagus dalam hal itu, kami menyadari namun tidak bisa mencegahnya. Anak – anak  (Indonesia) bermain bagus, namun kami gagal menyelesaikan peluang yang ada,” kata Milla dalam sesi jumpa pers seusai laga (26/08).

Dalam laga semifinal tersebut, Indonesia juga tidak diperkuat tiga pemain utamanya (Hansamu Yama, M Hargianto, Marinus Wanewar) yang terkena akumulasi kartu kuning.