Subhanallah, 9 Muslim Inggris yang Berangkat Haji dengan Naik Sepeda


SURATKABAR.ID Beribadah haji merupakan impian semua umat muslim yang ada di dunia. Berbagai cara di tempuh untuk melaksanakan rukun islam kelima ini, salah satunya dengan naik sepeda seperti yang dilakukan oleh Sembilan orang asal Inggris ini.

Dilaporkan ihram.co.id pada Senin (21/8/2017), kesembilan orang tersebut menempuh perjalanan sejauh 3.000 kilometer  dari Inggris dan sekarang telah tiba di Madinah. Kedatangan sembilan orang penggemar sepeda itu,  disambut hangat oleh kalangan pemerintah Saudi dan para penggemar bersepeda Arab Saudi.

Pada saat sampai di kota Madinah, mereka disambut oleh upacara tradisional dengan penampilan pemain rebana hingga menghujaninya dengan taburan bunga mawar.

“Memang ini merupakan inspirasi bagi para pesepeda dan perayaan yang menyenangkan untuk menyambut peziarah haji yang bersepeda dari asal Inggris yang tiba di Kota Nabi (Madinah),”  kata Mohammed, Al Sarani seorang pejabat pemerinah setempat.

Setelah menyabut mereka, para peziarah haji bersepada ini langsung dibawa masuk ke Masjid Nabawi untuk shalat dan berkeliling.

Kelompok pesepeda tersebut berangkat dari London pada (14/7/2017) lalu. Perjalanan panjang itu melewati berbagai negara, diantaranya; Prancis, Swiss, Italia, Yunani dan Mesir.

Baca Juga: Di Ukraina, 1.320 Patung Tokoh Komunis Dirobohkan

Awalnya, mereka ingin melewati negara-negara timur, melalui; Turki, Suriah dan Yordania. Namun, dengan alasan keamanan mereka akhirnya lebih memilih melakukan perjalanan dengan naik kapal dari Yunani ke Mesir darn kemudian melakukan perjalanan darat ke Jeddah.

Ketua keompok dari sembilan orang pesepeda, Abdul Wahid Don White mengatakan, perjalanan tersebut bertujuan untuk menyampaikan gambaran Islam sebagai agama damai dan toleransi di negara-negara yang mereka lewati.

Sebelum menjadi komunitas mereka merupakan pembalap sepeda profesional. Lalu, berubah menjadi komunitas dan Badan Amal Kemanusiaan yang berharap dapat mengumpulkan mengumpulkan dana hingga 1 juta  poundsterling untuk bantuan medis di Suriah.

Abdul Wahid menambahkan, rencana perjalanan ke mekkah ini sudah digagas sejak 11 tahun lalu, atau semenjak pertama kali dirinya menyatakan memeluk agama Islam.

“Orang bilang Anda harus mengubah segalanya tentang Anda saat Anda menjadi Muslim. Aku punya banyak waktu untuk memikirkan bagaimana aku bisa menggabungkan hidupku. Saya pikir saya suka bersepeda dan saya ingin pergi ke haji, jadi mengapa kita tidak kembali ke jalan lama untuk melakukan perjalanan?”, Ucap Abdul Wahid.