Misteri Telapak Kaki Raksasa di Aceh. Begini Asal-Usulnya


SURATKABAR.ID – Berlibur ke Aceh belum lengkap jika belum mengunjungi sebuah jejak telapak kaki raksasa bernama Tapak Tuan Tapa.

Telapak kaki yang melegenda ini terletak di pusat pemerintahan Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. Dari Banda Aceh, tempat ini bisa ditempuh kurang lebih selama 9 jam perjalanan darat.

Selain melalui jalur darat, destinasi wisata unik ini juga bisa ditempuh dengan jalur udara, melalui Bandar Udara Teuku Cut Ali. Untuk masuk ke kawasan Tapak Tuan Tapa, tak dikenakan biaya tiket masuk. Pengunjung hanya diharuskan membayar biaya parkir.

Dari pintu masuk, para pengunjung harus berjalan kaki melewati sejumlah anak tangga yang ada di pinggiran tebing dan batu karang. Pasalnya, Tapak Tuan Tapa terletak di atas tebing batu karang yang menghadap ke laut.

Baca juga: Waduh! Konser Dangdut Digelar di Halaman Masjid Agung Tasikmalaya

Setelah melalui perjalanan berliku dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, pengunjung harus menaiki sebuah bangunan kayu untuk bisa melihat telapak kaki raksasa tersebut dengan jelas.

Dari ketinggian, pemandangan alam yang asri tentu sangat memanjakan mata. Namun, dibalik telapak kaki raksasa ini juga ada kisah sejarah yang menarik untuk disimak.

Dilansir detik.com, kisah berawal dari sroang pertapa sakti bernama Syeikh Tuan Tapa yang taat kepada Allah. Masyarakat percaya, Syeikh Tuan Tapa memiliki tubuh raksasa. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa ukuran tubuhnya normal namun memiliki kekuatan untuk mengubah diri menjadi raksasa.

Cerita kemudian berlanjut pada seorang bayi perempuan yang hanyut di tengah laut. Bayi ini ditemukan oleh dua naga raksasa asal Cina. Kedua naga ini pun merawat bayi tersebut hingga dewasa.

Ternyata, bayi ini adalah anak dari raja dari Kerajan Asralanoka. Mengetahui anaknya masih hidup, raja pun meminta pada kedua naga untuk mengambalikan putrinya.

Namun, permintaan ini ditolak karena kedua naga sudah terlanjur sayang. Karena permintaannya ditolak, sang raja membawa putrinya melarikan diri hingga ke laut tempat Syeikh Tuan Tapa bertapa.

Karena kejar-kejaran antara naga dan raja, Tuan Tapa merasa terganggu. Ia pun bangun dan melompat dari gunung menuju tebing pantai. Loncatan inilah yang menyebabkan telapak kakinya yang berukuran raksasa membekas.

Baca juga: Tak Bisa Tanding Lawan Vietnam, Curhat Evan Dimas Bikin Terharu. Begini Isinya

Tuan Tapa akhirnya berhasil mengalahkan kedua naga dan mengembalikan sang putri ke keluarganya.

Kisah yang cukup menarik bukan? Jika penasaran, kamu bisa langsung mengungjungi Tapak Tuan Tapa di Aceh dan menikmati keindahannya.