Ini Syarat Lelaki Boleh Poligami


poligami 2

Hukum poligami dalam Islam memang masih ada perbedaan. Ada ulama mendukung atau memperbolehkan seorang lelaki memiliki ebih dari satu istri, tetapi ada juga beberpa ulama dan masyarakat yang tidak menyetujuinya.

Meski demikian, Salah satu ulama yang membolehkan poligami adalah Syaikh Mustafa Al-Adawiy. Beliau menyebutkan bahwa hukum poligami adalah sunnah. Dalam kitabnya ahkamun nikah waz zafaf, beliau mempersyaratkan 4 hal bagi lelaki yang menginginkan punya istri lebih dari satu, yaitu antara lain:

Mampu berbuat adil. Seorang pelaku poligami, harus memiliki sikap adil di antara para istrinya. Tidak boleh ia condong kepada salah satu istrinya.

Kecondongan atau tidak adil tersebut bisa menimbulkan kedzaliman yang dirasakan oleh istri lain. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya), “Siapa saja orangnya yang memiliki dua istri lalu lebih cenderung kepada salah satunya, pada hari kiamat kelak ia akan datang dalam keadaan sebagian tubuhnya miring.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa-i, At-Tirmidzi).

Adil juga bermakna tegas, misalnya seorang istri merayu agar bermalam dirumahnya sementara saat itu adalah giliran istri lainnya, maka suami tersebut wajib untuk tegas menolak rayuan istrinya tersebut.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
3
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAngel Karamoy Buka Suara Perihal Foto Mesranya Dengan Pasha
Berita berikutnyaGafatar Incar Pengusaha Muda, Dan Remaja Galau, Waspada Serta Sebarkan