5 Kota Hunian Ini Dapat Predikat Paling Nyaman di Dunia


SURATKABAR.ID – Menurut Anda, bagaimana kriteria kota yang nyaman untuk ditempati? Rata-rata sebagian besar akan menjawab dengan kota yang bersih seperti Surabaya, kota yang punya bangunan serta fasilitas umum yang nyaman dan adem seperti Bandung, atau ibu kota Jakarta dengan tim oranyenya. Baru-baru ini, The Economist merilis kota-kota yang paling nyaman untuk ditempati di dunia per tahun 2017. Sebanyak 5 kota telah dipilih berdasarkan indikator tingkat kejahatan, pelayanan kesehatan, budaya, serta akses transportasi umum.

Apa saja kelima kota yang mendapat predikat paling nyaman berdasarkan beberapa indikator di atas? Simak daftar berikut, sebagaimana diwartakan kembali dari CNNIndonesia.com, Senin (21/8/2017).

1. Melbourne, Australia

The Economist meletakkan Melbourne pada posisi puncak kota yang paling nyaman dihuni untuk yang ketujuh kalinya. Berdasarkan penilaian The Economist, Melbourne punya skor sempurna untuk pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Melbourne sendiri merupakan ibu kota negara bagian Victoria. Bila Anda mengunjungi Melbourne, maka berbagai tempat wisata siap menyambut, mulai dari wisata alam seperti Sungai Yarra, Great Ocean Road, wisata sejarah seperti National Gallery Victoria dan Melbourne Museum, juga terdapat surga belanja seperti di Queen Victoria Market dan Brunswick Street.

Baca juga: Menarik! Begini Hebatnya “Komputer Super” Temuan Astronom Yunani Kuno untuk Prediksi Gerhana Matahari  

2. Wina, Austria

Dengan selisih skor tipis dari Melbourne, kota Wina menempati urutan kedua. Seperti Melbourne, Wina juga punya skor sempurna untuk layanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Kota ini juga menawarkan tempat-tempat yang patut Anda kunjungi, seperti Istana Schonbrunn, Gereja Santo Petrus dan Kunsthaus Wien jika Anda penyuka bangunan dengan gaya arsitektur yang indah.

Bagi Anda para petualang bangunan bersejarah, tempat-tempat seperti Karlskirche, Gloriette dan Ringstrasse bisa jadi pilihan. Penyuka wisata alam juga bisa menyempatkan diri ke Kebun Istana Schonbrunn, Volksgarten, dan Stadtpark.

3. Vancouver, Kanada

Kota Vancouver merupakan yang terbesar di provinsi British Columbia (BC). Berdasarkan penilaian The Economist, Vancouver punya nilai sempurna dalam hal pelayanan kesehatan, budaya dan lingkungan serta pendidikan.

Siapa sangka kota indah ini kerap dijadikan lokasi syuting untuk film-film kenamaan. Film Fifty Shades of Grey yang booming itu contohnya, pernah ‘mengubah’ Vancouver menjadi Seattle. Sedangkan dalam film The Interview, Vancouver disulap menjadi kota New York, pedesaan China serta kota Pyongyang.

4. Toronto, Kanada

Mungkin Toronto layak disebut sebagai kota pelajar layaknya Yogyakarta. Bagaimana tidak, dilansir dari Telegraph, Toronto dibanjiri 200 ribu pelajar yang mewakili 200 negara. Tak mengherankan sebab ia meraih skor sempurna dalam hal pendidikan. Selain itu, Toronto juga jawara dalam hal stabilitas dan layanan kesehatan.

Apa yang istimewa di Toronto? Kunjungi saja Danau Ontario dan Anda akan puas memancing salmon atau Anda juga bisa mengunjungi CN Tower setinggi 553.3 meter. Restoran dengan pemandangan 360 derajat siap menyuguhkan tampilan kota Toronto.

5. Calgary, Kanada

Satu lagi kota di Kanada yang masuk daftar kota paling nyaman adalah Calgary. Calgary adalah kota metropolitan dengan banyak gedung pencakar langit. Kota yang dijadikan salah satu judul lagu oleh band folk kenamaan Amerika Serikat, Bon Iver ini menjadi pusat industri minyak di Kanada. Ia meraih skor sempurna dalam pelayanan kesehatan, stabilitas dan juga pendidikan.

Baca juga: Deretan Potret Antik Ini Tampilkan Pesona Pengantin Wanita dari Berbagai Penjuru Dunia

Calgary sangat kental dengan budaya barat, sehingga ia punya julukan “Cowtown.” Calgary Stempede jadi ajang tahunan di bulan Juli di mana festival rodeo digelar.

Manakah dari kelima daftar kota ini yang ingin Anda kunjungi?