Waduh! Nggak Cuma Indonesia, 3 Negara Ini Juga Jadi “Korban” Malaysia


SURATKABAR.ID – Meriahnya pembukaan SEA Games 2017 di Malaysia tercederai dengan adanya pemasangan bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games.

Dalam buku panduan yang dibagikan pada upacara pembukaan, Sabtu (19/8/2017), gambar bendera Indonesia yang dipasang bukanlah merah-putih melainkan putih-merah.

Insiden ini tentu memicu protes dari sejumlah pihak, mulai dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, hingga netizen di media sosial.

Imam bahkan menuliskan keluhannya di akun Twitter miliknya, @imam_nahrawi, yang kemudian ditanggapi dengan permintaan maaf dari Menpora Malaysia, Khairy. Dalam permintaan maaf tersebut, Khairy menuliskan bahwa pihaknya sama sekali tak sengaja melakukan kesalahan fatal tersebut. Dia juga menuliskan penyesalannya di Twitter.

Baca juga: Keterlaluan! Bukan Cuma di Buku Souvenir, Bendera Indonesia yang Terbalik juga Ada di Koran Malaysia

Bapak Imam, Please accept my sincere apologies for this. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf,” tulis Khairy, dilansir tribunnews.com.

Namun, bukan hanya pada buku panduan, kesalahan yang sama juga dibuat oleh salah satu surat kabar Malaysia bernama Metro. Pada artikel yang diterbitkan hari ini, Minggu (20/8/2017), bendera Indonesia lagi-lagi dipasang terbalik.

Sontak, kesalahan ini pun ditanggapi netizen dengan meramaikan tagar #ShameOnYouMalaysia di sejumlah media sosial. Bahkan, tagar ini menjadi trending di Twitter dibarengi dengan ‘GANYANG MALAYSIA’.

Siapa sangka, ternyata bukan hanya Indonesia yang menjadi “korban” kelalaian Malaysia. Tiga negara lain, yakni Thailand, Brunei, dan Myanmar, juga mengalami musibah serupa.

Dilansir tribunnews.com, berikut kesalahan yang diperbuat Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017.

1. Brunei

Bukan hanya Indonesia, Malaysia juga salah memajang bendera Brunei. Bendera Brunei yang seharusnya berwarna kuning dengan garis diagonal putih-hitam, dipajang dalam papan skor dengan garis diagonal putih-merah-hitam. Hal ini menjadi perhatian netizen.

OMG they put wrong Brunei’s flag too. I mean, are we neighbor? You guys really need to learn how to respect #ShameOnYouMalaysia,” tulis akun @Nicho_Lintang.

2. Thailand

Selain salah cetak bendera Indonesia, dalam buku panduan yang dibagikan pada upacara pembukaan SEA Games 2017 juga terjadi kesalahan pemasangan bendera.

Pada halaman 40 yang memuat negara-negara yang menjadi juara Umum SEA Games, bendera Indonesia dan Thailand terbalik. Indonesia yang menjadi tuan rumah sekaligus juara umum SEA Games 2017, pada bagian gambar bendera, terpasang bendera Thailand. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Geger Paskibra Bercadar, Fakta Dibaliknya Mengejutkan

3. Myanmar

Saat Myanmar dan Laos bertanding, ternyata panitia hanya menjual tiket secara terbatas. Akibatnya, pendukung Myanmar terpaksa menonton dari luar stadion. Apalagi, tak ada layar lebar yang dipasang agar penonton di luar stadion bisa menikmati pertandingan.

In Myanmar Vs Laos match they didn’t sell tickets enough for audience and have to watch outside of the stadium like this #ShameOnYouMalaysia” tulis @minaspeach_0324 di Twitter.