Parah! Tidak Hanya Bendera Terbalik, Malaysia Juga Lakukan Kesalahan Fatal Lainnya


SURATKABAR.ID – Panitia SEA Games Malayasia 2017 mendapat banyak cercaan dari masyarakat Indonesia soal gambar bendera merah putih yang terbalik di majalah souvenir khusus acara tersebut.

Belum reda gelombang protes, penyelenggara SEA Games ternyata mengulang kesalahan yang sama fatalnya.

Seperti diwartakan jawapos.com, pada majalah souvenir halaman 80 bendera Indonesia dibalik menjadi putih merah. Sementara ada kelahan lain yang berhubungan dengan bendera, yakni di halaman 32.

Bedanya, Malaysia melakukan kesalahan fatal karena menukar bendera Indonesia dengan bendera Thailand.

Baca Juga: Paskibra Jalankan Tugas di Lapangan Berlumpur, Inspektur Upacara Menangis

Pada halaman tersebut dipampang daftar negara peraih medali SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang. Pada daftar tersebut, nama Indonesia berada diurutan pertama dan Thailand di peringkat kedua. Akan tetapi, bendera yang ditampilkan tak sesuai. Pada urutan pertama yang ditampilkan malah bendera Thailand, sedangkan yang bendera Indonesia ditaruh di urutan kedua.

Pemerintah Indonesia telah melakukan protes keras terhadap insiden tersebut. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah Malaysia meminta maaf secara resmi atas kecerobohan yang tergolong fatal tersebut.

“Saya kira kita nanti menunggu permintaan maaf resmi dari pemerintah Malaysia,” kata Jokowi, usai penyerahan sertifikat hak atas tanah, di Jakarta, Minggu (20/8/2017), dikutip dari kompas.com.

Jokowi mengaku sangat menyesalkan insiden yang seharusnya tak terjadi tersebut.

“Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia, karena ini menyangkut sebuah kebanggaan, nasionalisme dari bangsa kita Indonesia,” ujarnya.

Gelombang protes dari warga pengguna internet masih terus bergulir meski pihak penyelenggara dikabarkan telah menyampaikan permintaan maaf.

Tagar ‘Shame on You Malaysia’ menjadi trending topic sedari pagi ini di media sosial.

Baca Juga: Keterlaluan! Bukan Cuma di Buku Souvenir, Bendera Indonesia yang Terbalik juga Ada di Koran Malaysia

“Lagu Rasa Sayange yg diputar disana dan insiden Bendera Indonesia terbalik itu benar-benar menyakiti hati kami!!” kata akun @Laksmaanaa.

Meski demikian, ada beberapa pihak yang merasa respon warga Indonesia tersebut cukup mengherankan. Ia membandingkan dengan respon masyarakat Indonesia soal penyiksaan TKI tidak seheboh soal insiden bendera terbalik tersebut.

“Edan sekali reaksi orang-orang ini terhadap bendera Indonesia yang terbalik. Beda reaksi saat ada TKI disiksa,” kata aktivis perempuan Tunggal Pawestri di Twitter.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaCurhat Guru Honorer Cantik Soal Gaji Ini Bikin Heboh Netizen
Berita berikutnyaPenuh Tekanan, Indonesia U-22 Menang Tipis 1-0 Atas Timor Leste