Jika Semut di Hutan Kalimantan Tiada, Ini yang Akan Terjadi


SURATKABAR.ID – Peneliti dari Universitas Liverpool dan Natural History Museum, Inggris, dilansir dari nationalgeographic.co.id, mengungkapkan hasil risetnya tentang hutan Borneo. Di sana dikatakan bahwa setiap makhluk di bumi punya peran sendiri. Jika satu punah, maka perannya sangat mungkin tidak akan bisa digantikan oleh jenis makhluk lainnya.

Lebih spesifik, peran makhluk yang diteliti riset tersebut adalah semut. Hannah Griffith dan timnya meneliti peran semut dalam rantai makanan dan energi di dasar hutan tropis. Hasil risetnya barangkali bisa membuat geleng kepala. Terbukti bahwa semut kecil di hutan yang begitu luasnya bertanggung jawab pada setengah proses dekomposisi sampah dasar hutan. Sampah yang diuraikan oleh semut berupa tubuh mayat hewan, biji-bijian, dan buah busuk.

“Semut mengoleksi sampah dan membawanya ke sarangnya. Dengan cara itu mereka menciptakan hotspot nutrient di mana mikroba dan tumbuhan bisa menyerapnya, mempertahankan kesehatan tanah,” terang Griffith.

Hasil riset Griffith dan timnya tersebut dipublikasikan dalam jurnal Animal Ecology minggu lalu. Kesimpulan riset tersebut menyatakan bahwa tidak ada hewan yang bisa berperan sebesar semut dalam penguraian sampah.

Baca Juga: Orangtua Bos First Travel Jadi Sasaran Kemarahan Korban

Lantas dengan peran sebesar itu, Anda boleh membayangkan, bagaimana jadinya jika tidak ada semut di hutan seluas hutan tropis Kalimantan itu. Andai benar demikian, hampir bisa dipastikan bahwa sampah organik di dasar hutan akan menumpuk karena penguraian akan berlangsung lebih lambat sehingga hutan tropis Kalimantan tak akan sesubur saat ini.

Studi tentang peran semut, lanjut Griffith, sangatlah penting dikarenakan wilayah hutan tropis telah terdegradasi dengan cepat.

“Hasil riset ini memungkinkan kita memprediksi konsekuensi hilangnya spesies dan menciptakan pengukuran untuk mitigasi dampak negatif aktivitas manusia pada lingkungan,” jelas Griffith.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDeretan Potret Antik Ini Tampilkan Pesona Pengantin Wanita dari Berbagai Penjuru Dunia
Berita berikutnyaPengemis Berpenghasilan Puluhan Juta Diciduk Satpol PP