Jokowi-JK Foto Bersama Mantan Pemimpin RI, Netizen Pertanyakan Posisi Megawati


    SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang mantan presiden dan wakil presiden RI untuk merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia di Istana Merdeka.

    Dalam rangkaian upacara HUT ke-72 RI ini momen langka pun terjadi. Presiden Jokowi dan wakilnya Jusuf Kalla (JK) berfoto bersama mantan Presiden RI, yaksi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, hingga BJ Habibie.

    Dalam foto tersebut tampak Jokowi mengenakan baju adat Kalimantan Selatan, Ibu Negara Iriana yang mendampinginya mengenakan baju adat Minangkabau.

    JK mengenakan pakaian adat Bugis, sementara istrinya, Mufidah Kalla, mengenakan baju adat Minangkabau layaknya Iriana. Sementara SBY tampak gagah dengan baju adat Betawi dan ditemani oleh Ani Yudhoyono yang mengenakan kebaya merah.

    Baca juga: Tifatul Doakan Jokowi Makin Gemuk, PKB Gempar. Kenapa?

    Dalam foto itu, tampak pula Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Senyum mengembang tampak terpancar dari wajah mereka.

    “Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia,” tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017), dilansir detik.com.

    Selain foto tersebut, Jokowi-JK juga berfoto bersama mantan wapres RI. Diantaranya tampak Istri Presiden ke-4 Sinta Nuriyah Wahid, Wapres ke-6 Try Sutrisno bersama sang istri, Wapres ke-11 Boediono dan istrinya, serta istri wapres ke-4 Karlinah Djaja Atmadja.

    Momen ini disebut-sebut sebagai momen bersejarah dan langka. Pasalnya, dari tahun ke tahun ada saja pemimpin yang tak hadir dalam HUT ke-72 RI, seperti Megawati dan SBY.

    Sejumlah akun di Instagram juga memposting foto ini, termasuk @infia_fact. Alhasil netizen pun membanjirinya dengan beragam komentar. Mereka memberikan pujian pada foto bersejarah ini.

    The best picture,” tulis @christianpratenta.

    Namun, tak sedikit pula netizen yang penasaran pada foto ini dan mempertanyakan kenapa Megawati berdiri di tengah. Seperti pemilik akun @ydie_tomatoes.

    Yaelah penting ya harus di tengah banget berdiri nya?” tulisnya di kolom komentar.

    Baca juga: Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Anak Menteri Susi Seganteng Ini

    Sejumlah akun lain juga menuliskan komentar serupa dan mempertanyakan kenapa bukan Jokowi-JK yang berdiri di tengah sebagai pemimpin yang menjabat saat ini.

    Btw kok presiden gk di tengah?” tulis akun @dimasrifkyhafi.