Terharu Berkesempatan Dekat Presiden Jokowi, Santriwati ini Menitikkan Air Mata


SURATKABAR.ID – Kali ini adalah Pondok Pesantren Al Amien, Jember, Jawa Timur yang menjadi tujuan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka mengingatkan pentingnya menjaga keberagaman yang ada di Indonesia. Kedatangan tokoh nomor satu di Indonesia tersebut tentu membuat suasana di pesantren meriah. Namun di tengah suasana bahagia tersebut, ada juga yang justru menitikkan air matanya.

Didampingi Kepala Staf Presiden, Teten Masduki, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo, Presiden Jokowi turut duduk bersila di teras masjid, bersama Pimpinan Ponpes Al Amien, KH Imam Ghazali, Gubernur Jawa Timur, Sukarwo dan Bupati Jember, Faida, dilansir dari laman detik.com, Sabtu (12/8/2017).

Tak jauh berbeda dengan kunjungan sebelum-sebelumnya, Jokowi meminta kepada santri untuk maju dan menjawab pertanyaan yang beliau ajukan. Saat akan memilih, pandangan Jokowi tertuju ke tempat santri puteri berkumpul, di bagian paling belakang dan memintanya untuk maju ke hadapan beliau.

Tampak seorang santriwati dengan ragu melangkah perlahan mendekati Jokowi. Telapak tangan kanannya ia gunakan untuk menutup separuh wajahnya. Terlihat sangat jelas bahwa santriwati tersebut tengah berusaha menyembunyikan tangisannya, namun tetap kentara.

Melihat itu, Jokowi tak tinggal diam. Beliau pun tanpa ragu mencoba menenangkan santriwati yang masih saja menangis sesenggukan, meski sudah berdiri di hadapan Presiden Jokowi dan ratusan santriwan serta santriwati yang turut hadir.

Baca Juga: Kisah Penyair Sekaligus Pahlawan Amir Hamzah yang Gugur Setelah Disiksa dan Dipenggal

“Sekarang diperkenalkan diri dulu. Nanti saya ikutan nangis,” kelakar Jokowi, dikutip tribunnews.com, Sabtu (12/8/2017).

Walaupun sempat terdiam, berusaha untuk menenangkan dirinya, santriwati tersebut akhirnya mengeluarkan suara dan mulai memperkenalkan diri, masih dengan sedikit terbata-bata. Ia kemudian diminta menjawab pertanyaan ringan yang diajukan Jokowi, yaitu menyebutkan tujuh nama suku di Indonesia.

Jawaban yang keluar dari mulut Listia terdengar sangat lancar. Ia menjawab, suku Jawa, Madura, Batak, Sunda, Dayak, Betawi dan Bone. Mendengar jawaban darinya, Jokowi pun lantas memberikan pujian kepada pemimpin ponpes tersebut.

Untuk hadiah istimewa dari Jokowi karena telah berhasil menjawab pertanyaannya, Listia pun mendapatkan sepeda. Tentu mendengar itu tangisan yang sebelumnya terhenti, kembali meluap. Santriwati tersebut pun lantas menangis sembari menutupi kedua matanya dengan penuh haru.