Jokowi Bangun Bendungan di Sulsel, Begini Perkembangan Terbaru Lengkap dengan Fotonya


SURATKABAR.ID – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam periode hampir 4 tahun ini telah membangun 65 bendungan, yang terdiri dari 49 bendungan baru dan 16 lainnya merupakan lanjutan dari yang belum rampung dari periode yang sebelumnya.

Dari banyaknya 49 bendungan itu, salah satu yang saat ini masih terus dikebut pembangunannya adalah Bendungan Passeloreng yang terdapat di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Lalu kira-kira sampai detik ini bagaimana perkembangannya ya?

Dari sumber yang dilansir Detik.com, saat ini pekerjaan masih berada di tahap pembangunan bangunan utama dinding bendungan. Pekerjaan itu merupakan tindak lanjut dari selesainya pembanguan saluran pengelak beberapa waktu yang lalu. Pekerjaan tubuh bendungan sendiri bisa mulai dilakukan setelah pada bulan April yang lalu aliran sungai Gilireng mulai dialirkan lewat itu.

Baca juga: Diminta Muhaimin Iskandar Tak Maju Pilgub Jatim 2018, Khofifah: Astaghfirullah aladzim

Setelah pembangunan dinding selesai, proses yang selanjutnya adalah uji kelayakan dari badan keamanan bendungan Kementerian PUPR. Bila dinyatakan layak, maka saluran pengelak akan ditutup sebagai tanda dimulainya pengisian bendungan. Bersamaan dengan pembentukan dinding bendungan, saat ini proses lainnya yang dikerjakan adalah pembangunan spillway alias saluran pelimpah.

Saluran pelimpah ini nanti akan berfungsi mengatur tinggi permukaan air di bendungan dan akan dibuka saat air terlalu tinggi, dan sebaliknya. Dalam proyek itu, PT Wijaya Karya sebagai kontraktor pelaksana sudah mulai melakukan pekerjaan pada 1 Juni 2015 yang lalu dan ditargetkan akan selesai dibangun tahun 2019 dengan nilai kontrak Rp 701 miliar.

Sebagai informasi, daya tampung bendungan itu sekitar 138 juta mm3 serta direncanakan bisa mengairi sebanyak 7.000 ha, dan bisa mengurangi kebanjiran di Kabupaten Wajo. Ada lima kecamatan yang nantinya bakal dilayani oleh Bendungan itu.

Selama ini, daerah sekitar hanya mengandalkan air hujan saja. Lima kecamatan itu adalah Gilireng, Penrang, Majauleng, Sajowangi dan Takalala.