Sudah Makan Korban, Ini Gejala Kanker Lidah yang Tak Disadari


SURATKABAR.ID – Sebuah kisah tentang perjuangan sepasang suami-istri melawan kanker lidah belakangan ramai dibicarakan netizen pengguna media sosial.

Pasalnya, kisah yang dituliskan oleh akun ReZy SeLvia Dewi itu mampu menyihir netizen hingga terbawa dan ikut merasakan kesedihan.

Sejak diposting pada Sabtu (5/8/2017) lalu, kisah ini telah dibagikan ratusan ribu kali. Rezy menuliskan tentang perjuangannya menemani sang suami, Andre Kurnia Farid, yang menderita kanker lidah.

Tulisan berjudul ‘Selamat Jalan Suamiku’ itu ditulis Rezy saat memperingati 40 hari kematian sang suami. Andre menghembuskan nafas terakhirnya seminggu setelah merayakan ulang tahun ke-29, tepatnya pada 22 Juli 2017 lalu.

Baca juga: Susul Raisa-Hamish, Laudya Cynthia Bella Menikah Bulan Depan?

Dikisahkan Rezy, penyakit kanker lidah yang diderita suaminya itu sama sekali tak terduga karena hanya berawal dari sebuah sariawan yang tak kujung sembuh.

Sariawan tersebut kemudian makin parah hingga membuat Andre susah menelan makanan. Namun, beberapa waktu kemudian muncul benjolan di lidah Andre yang kemudian terdeteksi sebagai sel kanker.

Dilansir tribunnews.com dari situs Alodokter.com, alkohol dan tembakau merupakan penyebab utama timbulnya penyakit mematikan ini. Seperti yang dikisahkan Rezy, Andre memang merupakan seorang perokok.

Alkohol dan rokok memiliki sifat karsinogenik yang mudah menyebarkan kanker karena memiliki unsur kimia yang merusak DNA di dalam sel.

Gejala awal kanker lidah memang kerap disepelekan karena dianggap penyakit ringan yang akan sembuh dalam satu hingga dua hari. Padahal, semakin cepat penanganan yang diberikan, kanker lidah tentu dapat ditangani dengan baik hingga berpeluang untuk sembuh.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahu gejala awalnya. Berikut gejala yang kerap muncul saat kanker lidah menyerang:

  1. Sakit tenggorokan yang berlangsung terus menerus
  2. Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh
  3. Sakit saat menelan
  4. Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang
  5. Pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah
  6. Rasa sakit pada telinga (jarang terjadi).

Baca juga: Terungkap! Undang Dr Ryan Thamrin Harus Penuhi 10 Syarat Ini

Keenam gejala diatas memang bisa disebabkan oleh penyakit atau infeksi ringan selain kanker lidah. Namun, jika gejala berlangsung lebih dari tiga minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSusul Raisa-Hamish, Laudya Cynthia Bella Menikah Bulan Depan?
Berita berikutnyaJadi Terdakwa Kasus Suap, Patrialis Ungkap Jasa Besarnya untuk Negara