8 Fakta Tersembunyi Lagu Paling Hits Sepanjang Zaman— Despacito


 SURATKABAR.ID – Dalam terjemahan Bahasa Inggris, Despacito berarti “pelan-pelan” atau “secara perlahan”. Meski artinya pelan-pelan, nyatanya lagu ini telah dengan secepat kilatnya menjadi hits paling ngetop sepanjang zaman. Pasalnya, versi original lagu yang dibawakan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini saja (sebagai klip original tanpa melibatkan Justin Bieber) sudah disaksikan oleh lebih dari 3 miliar kali sejak diposting pada 12 Januari 2017. Tak hanya menembus angka penonton videonya saja yang fantastis, 8 fakta tersembunyi dari lagu ini pun menarik perhatian untuk diungkap.

Melansir warta Jawapos.com, Senin (7/8/2017), capaian tersebut telah melampaui rekor sebelumnya yang dipegang See You Again—klip video lagu besutan Wiz Khalifa dan Charlie Puth yang diunggah pada 2015. Hebatnya lagi, video Despacito yang disutradarai Carlos Perez mencatatkan angka tersebut hanya dalam waktu enam bulan. Lagi-lagi, itu rekor baru. Fonsi pun gembira luar biasa, terutama ketika video yang diposting setelah berkolaborasi dengan Justin Bieber telah menembus angka lebih dari 55 miliar penonton YouTubers!

Luis Fonsi dalam akun Instagram miliknya meluapkan rasa syukur tersebut, “Terima kasih untuk semua yang terlibat (di penggarapan video maupun lagu). Terima kasih buat para fans yang merayakan lagu ini bersama kami,” tulisnya di caption unggahannya.

Dalam bahasa Spanyol, Fonsi juga mengucapkan terima kasih buat Puerto Rico, yang menjadi lokasi syuting klip video tersebut. “Que viva la musica latina (jayalah musik latin),” ucapnya.

Baca juga: Ini Sebabnya Yusril Mahendra Senyum-senyum Saat Baca Salinan Surat Pembubaran HTI

Sementara itu, Yankee mengatakan, rekor tersebut tidak lepas dari YouTube yang menjadi salah satu platform terbesar buat para musisi dunia.

“Aku sadar, YouTube punya pengaruh besar buat industri musik. Memecahkan rekor adalah hal yang luar biasa dan aku berharap hal itu bisa menginspirasi lainnya untuk melakukan hal serupa,” tuturnya kepada Billboard.

Rekor Despacito rupanya tak hanya berjaya di YouTube saja. Di tangga lagu Billboard, lagu tersebut juga punya catatan bagus. Single itu menjadi lagu berbahasa Spanyol kedua–setelah Macarena pada 1996– yang masuk chart “Hot 100”. Despacito memuncaki tangga lagu tersebut selama 12 pekan. Selain itu, lagu tersebut memuncaki chart Song of the Summer.

Selain kesuksesan yang berhasil dicapainya, ada beberapa fakta tersembunyi dibalik penggarapan lagu romantis yang menceritakan tentang bercinta dengan pasangan “secara pelan-pelan” tersebut. Bahkan, orang Indonesia yang sengaja membuat versi Jawanya. Berikut adalah 8 fakta tersembunyi tersebut, sebagaimana dikutip dari Brilio.net, petang ini.

  1. Makna Lagu.

Tak banyak yang menyadari, kata Despacito dalam Bahasa Inggris berarti ‘Slowly’ atau “dengan perlahan”. Lagu ini menggambarkan tentang bagaimana bercinta dengan romantis. Padahal banyak anak-anak yang juga menikmati lagu ini karena beat-nya yang cocok untuk mengiringi senam dan tarian.

  1. Cetak Rekor Video Musik Bahasa Spanyol Paling Banyak Ditonton.

Dalam waktu sehari sejak video original ditayangkan, video Despacito sudah tembus 5,4 juta penonton hingga menggebrak seperti yang telah diceritakan di atas. Despacito kini menjadi musik berbahasa Spanyol paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam saja.

  1. Featuring dengan Justin Bieber, Cetak Rekor Baru.

April lalu, Luis Fonsi dan Daddy Yankee menggandeng Justin Bieber untuk kembali menyanyikan lagu ini dalam genre pop. Hasilnya kembali memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam sehari sepanjang tahun 2017, yaitu sebanyak 20 juta kali.

  1. Justin Bieber Secara Khusus Mengambil Kelas Bahasa Spanyol.

Despacito merupakan lagu pertama Bieber yang berbahasa Spanyol. Oleh sebab itu, mantan kekasih Selena Gomez ini pun harus rela mengambil kelas bahasa, agar ia bisa membawakan lirik berbahasa Spanyol dengan penuh penghayatan.

  1. Insiden Lempar Botol.

Pada Sabtu, (10/6/2017) lalu, Bieber sempat dilempar botol karena mengaku tak hafal lirik Despacito saat tampil di Summerbust Festival di Stockholm. Saat itu penonton memintanya membawakan lagu Despacito, namun cowok 23 tahun ini mengaku tak hafal liriknya. Duh!

  1. Daddy Yankee, Sosok Rapper dengan 18 Juta Album.

Nama Daddy Yankee sendiri merupakan sosok yang patut diperhitungkan di dunia musik internasional. Pria 38 tahun ini telah sukses menjual 18 juta album dalam sepanjang karirnya. Jadi, project ini bisa dibilang memang bukan project sembarangan.

  1. Diciptakan oleh Seorang Wanita.

Tak cuma diciptakan Fonsi sendiri, namun ia menggandeng penyanyi wanita sekaligus penulis lagu, Erika Ender. Enderlah yang menambah sentuhan romantis pada lagu dan berpengaruh dalam genre musik yang akhirnya dipakai.

Baca juga: Anda Pasti Tahu Lagu Hits ‘Despacito’? Ternyata Artinya Bikin Miris Dan Syok

  1. Ada Versi Jawa.

Musisi dari penjuru dunia pun berlomba-lomba membuat cover lagu ini. Tak terkecuali netizen asal Indonesia. Uniknya, seorang bernama Alif Rizky membuat cover lagu ini dalam versi Boso Jowo. Alif sendiri pernah jadi salah satu kontestan dalam ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia. Judul lagu Despacito pun secara kreatif telah diganti dengan ‘Dek Lastri O’.