Waspadai Warna Urine, Jangan Sampai Anda Sakit Ini


SURATKABAR.ID Dr. Cahyani Gita Ambarsari, doter spesialis nefrologi mengungkapkan bahwa penyakit gagal ginjal bisa dikenali lewat urine yang berwarna kemerahan.

“Berubahnya warna urin menjadi kemerahan dalam waktu lama, hal ini mengindikasikan adanya darah, biasanya urin akan berbusa karena adanya protein,” ujar dia yang dilansir dari antaranews.com pada jumat (4/8/2017)

Selain itu, penyait gagal ginjal pun bisa dilihat dari tangan, kaki dan sekitan mata yang mulai membengkak. Pasien juga tak bernafsu untuk makan apapun dan jarak buang air kecilnya akan menurun ataupun meningkat.

Tanda-tanda lainya dari penyakit gagal ginjal adalah flu, mual, muntah, lesu, kelelahan dan pusing karena tekanan darahnya yang tinggi.

“Apabila menunjukkan gejala-gejala tersebut,  harus segera dibawa ke spesialis nefrologi agar dapat diberikan perawatan yang sesuai,” kata Gita.

Gagal ginjal atau dikenal dengan bahasa latinya silent disease adalah gejala yang awalnya sulit untuk diketahui. Kondisi ini berlangsung di sepanjang hidup dan tidak dapat disembuhkan.

Namun, beberapa tipe dari gagal ginjal dapat dilakukan perawatan, terutama jika diketahui lebih awal. Oleh karena itu penting mengenali gejala awal gagal ginjal dan faktor risikonya.

Baca juga: Mengejutkan! Begini Pengakuan Ibu yang Tega Bekukan Bayinya di dalam Freezer

Sementara itu, Komunitas penderita gagal ginjal di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengharapkan pemerintah daerah menyediakan ruang khusus layanan kesehatan mandiri bagi penderita gagal ginjal yang memasang CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialisys) dalam tubuhnya.

“Konsepnya hampir mirip seperti smoking area. Akan lebih bagus jika setiap fasilitas umum tersedia ruang khusus layanan kesehatan mandiri,” kata Mastricahyono, penderita gagal ginjal di Tulungagung, beberapa waktu lalu.

Mastricahyono merupakan satu dari sekitar 300 penderita gagal ginjal di Tulungagung yang kini memasang CAPD sebagai media pengganti organ ginjalnya yang tidak berfungsi normal.

Jumlah penderita gagal ginjal di Tulungagung secara keseluruhan menurut data dan estimasi RSUD dr Iskak, Tulungagung diperkirakan mencapai 1.500-an orang lebih.