Hati-Hati, Istri yang Melakukan Ini Dianggap Durhaka Pada Suami


Ini-Tindakan-Suami-yang-Duh

Kehidupan berumah tangga yang harmonis adalah sebuah idaman banyak orang. Menjalin hubungan suami istri sesuai ajaran agama adalah sesuatu yang paling diinginkan setiap pasangan. Ketentraman serta kebahagiaan selalu menjadi tujuan setiap lelaki dan juga perempuan yang bersatu dalam maghligai pernikahan.

Islam memiliki aturan yang harus dilakukan dalam kehidupan berumah tangga. Suami dan istri memiliki peran dan tugas masing masing agar masih dalam koridor-koridor yang diijinkan oleh agama.

Jika aturan dan oerilaku keduanya sesuai aturan agama, maka kehidupan pernikahan akan penuh berkah dan mendapatkan bahagia. Namun sebaliknya, jika jauh dari aturan agama, maka ketidaktentraman akan selalu menghantui hari-hari mereka dalam menjalani pernikahan.

Berikut adalah beberpa ciri atau perilaku istri yang dianggap sebagai bentuk sikap durhaka keada suami.

Mengabaikan Wewenang Suami. Di dalam rumah tangga, istri adalah orang yang berada di bawah perintah suami. Istri bertugas melaksanakan perintah-perintah suami yang berlaku dalam rumah tangganya. Rasulullah menggambarkan seandainya seorang suami memerintahkan suatu pekerjaan berupa memindahkan bukit merah ke bukit putih atau sebaliknya, maka tiada pilihan bagi istrinya selain melaksanakan perintah suaminya.

Menentang Perintah Suami. ” Tidaklah seorang perempuan menunaikan hak Tuhannya sehingga ia menunaikan hak suaminya”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Hadist tersebut memberikan petunjuk bahwa suami itu punya hak untuk dituruti perintahnya.

Menetang perintah suami, selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan agama, maka istri bias dianggap berdosa dan durhaka, karena perintah suami tersebut seolah-olah berkedudukan seperti perintah Tuhan.

Enggan Memenuhi Kebutuhan Seksual Suami. Perempuan memang cenderung punya hasrat seksual yang lebih rendah dibandingkan laki-laki. Akan tetapi, agama memerintahkan agar istri harus selalu memenuhi ajakan suami untuk melakukan hubungan suami istri.

Bahkan ada yang berpendapat bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan biologis manusia dapat melakukan regenerasi keturunan dengan cara yang diridlai Allah SWT. Karena itu, Islam menegaskan bahwasanya istri yang menolak ajakan suaminya berarti membuka pintu laknat terhadap dirinya.

Memberatkan Beban Belanja Suami. Istri harus pintar dan bijak dalam memanfaatkan nafkah yang diberikan oleh suami. stri yang menyadari bahwa suaminya miskin tidak dibenarkan menuntut belanja dari suaminya hanya mempertimbangkan kebutuhannya sendiri sehingga memberatkan suaminya.

Tidak Mau Bersolek Untuk Suaminya. Istri yang dianggap durhaka adalah yang tidak bersedia untuk berpenampilan menarik di depan suaminya. Sekarang sering terbalik, jika akan bertemu dengan orang lain istri sibuk bersolek, tetapi saat berdua dengan suami, mereka lebih memilih tampil apa adanya, bahkankan tidak sedikitpun berupaya berpenampilan menarik.

Merusak kehidupan Agama Suami. stri diperintahkan untuk membantu suaminya dalam menegakkan kehidupan beragama, sedangkan suami diperintahkan untuk membimbing istri menjalankan agamanya dengan baik. Karena itu, kalau istri tidak mau membatu suami menegakkan agama, apalagi merusak iman dan akhlak agama suami, sudah tentu ia menjerumuskan suaminya ke dalam neraka.

Keluar Rumah Tanpa Izin Suami. Istri ditetapkan oleh Islam menjadi wakil suami dalam mengurus rumah tangga. Karena itu bilamana ia keluar meninggalkan rumah, maka dengan sendirinya ia harus lebih dulu mendapatkan izin suaminya. Bila ia tidak minta izin dan keluar rumah dengan kemauannya sendiri, maka ia telah melanggar kewajibannya terhadap suami, sedangkan melanggar kewajiban berarti durhaka terhadap suaminya.

Puasa Sunnah Tanpa Izin Saat Suami Di Rumah. Meski puasa adalah ibadah yang baik, akan tetapi istri wajib meminta ijin suami jika ingin melakukannya. ┬áSeorang istri tidak halal berpuasa ketika suami ada di rumah tanpa izinnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menceritakan bentuk tubuh wanita lain kepada suami. Istri dilarang keras untuk bercerita atau menjelaskan bentuk tubuh wanita lain kepada suaminya, hingga suaminya tersebut sampai membayangkan wanita yang tengah diceritakan. “Seorang wanita tidak boleh bergaul dengan wanita lain, kemudian menceritakan kepada suaminya keadaan wanita itu, sehingga suaminya seolah-olah melihat keadaan wanita tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga kehidupan rumah tangga setiap muslim selalu bahagia dengan tetap menjaga segala larangan-larangan yang telah ditetapkan oleh Islam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaInalilahi… Rhoma Irama Tewas Dibacok
Berita berikutnyaInilah Nama-Nama Surga dan Para Calon Penghuninya yang Mungkin Belum Kamu Ketahui. Baca Ini dan Sebarkan!