Ratusan Polisi di Papua Barat Minta Dipindah ke Bali, Begini Komentar Polri


SURATKABAR.ID – Ratusan anggota polri yang bertugas di Polda Papua Barat mengajukan permohonan pemindahan tugas ke Bali.

Alasannya, mereka ingin dekat dengan keluarga serta bisa mengabdi di kampung halaman masing-masing.

Menanggapi permohonan ini, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto hanya melepas senyum. Sebab, untuk menjadi seorang polisi salah satu syaratnya adalah siap ditempatkan di mana saja.

“Masuk polri itu salah satu di antaranya siap ditempatkan di mana saja dan siap melayani masyarakat, itu harus disadarai dipatuhi,” tegas Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/7/2017), dilansir dari republika.co.id.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Polri Selesaikan Kasus Novel, Kapolri: Ada Kendala

Menurutnya, tak ada salahnya dan tak ada larangan bagi anggota untuk mengajukan permohonan mutasi. Setiap anggota polisi memiliki hak untuk mengajukan permohonan dipindah tugas ke daerah tempat tinggalnya.

Namun, tak semua permintaan tersebut bakal dipenuhi. Terlebih jika alasan yang diajukan tidak rasional, seperti orang tua sakit keras dan tak ada sanak saudara yang dekat. Pemindah tugasan baru bisa dipertimbangkan jika ada kepentingan internal Polri atau masa kerja sudah lama.

“Dipertimbangkan tapi tidak semua dikabulkan,” lanjutnya.

Rikwanto mengungkapkan, dari Polda Papua Barat, sebanyak 350 personel mengajukan permohonan untuk dipindah ke Bali. Tentu saja, hal ini tak akan dilakukan begitu saja. “Ya nanti semuanya bedol desa,” katanya.

Meski begitu, masih ada kesempatan bagi para Bintara untuk kembali ke tempat asal mendaftar. Namun, hal ini tak berlaku untuk Akpol.

“Kalau Bintara itu kemungkinan besar bisa kembali ke tempat di mana dia mendaftar, karena kebutuhan organisasi, beberapa bagian bisa ditempatkan di luar provinsi tapi kalau Akpol disebar di seluruh wilayah Indonesia,” tergasnya.

Baca juga: Dua Bulan “Pesta” di Kawasan Songgoriti Malang, Puluhan Pria Gay Diamankan

Terkait permohonan ini, Rikwanto mengimbau agar para personel tak mogok kerja jika permohonannya tak bisa dipenuhi. Rikwanto kembali menegaskan, setiap anggota Polri harus siap ditempatkan di daerah manapun di Indonesia.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJokowi Instruksikan Polri Selesaikan Kasus Novel, Kapolri: Ada Kendala
Berita berikutnyaHikikomori, Penyakit Aneh yang Diidap Sejuta Warga Jepang