via desaininterior.me

SuratKabar.ID – Dapur punya fungsi lebih dari sekadar tempat memasak dan makan, dapur sama halnya dengan ruang keluarga. Dari sini, tercipta aneka masakan menggunggah selera yang disajikan dengan penuh cinta. Apalagi jika dapur dan tempat makan keluarga menjadi satu, tentunya hal ini menambah nilai dapur dan menjadikan hubungan antar anggota keluarga lebih dekat juga hangat.

Untuk itu, perlu konsep khusus agar dapur menjadi lebih nyaman dan cantik demi menambah kehangatan. Tak perlu furnitur serba mahal karena sebenarnya hal tersebut bisa didapatkan dari penataan cahaya saja. Bagaimana caranya?

1. Sesuaikan dengan fungsi di mana lampu diletakkan

Meskipun dapur tempat memasak dan ruang makan bergabung menjadi satu, Anda tak boleh hanya mengandalkan satu sumber cahaya saja. Kunci dari semua ini adalah membedakan lampu yang digunakan sesuai dengan fungsi di mana lampu diletakkan. Misalnya, Anda harus membedakan sumber cahaya antara tempat memasak dan meja makan.

Bagaimana cara membedakannya? Untuk memasak, Anda butuh cahaya yang lebih terang demi kenyamanannya mengolah bahan masakan. Usahakan cahaya lampu tidak menimbulkan bayangan yang akan mengganggu konsentrasi Anda saat proses memasak, contohnya saat Anda sedang memotong sayuran.

Sedangkan untuk meja makan, gunakan lampu yang cahayanya lebih hangat dan tidak seterang lampu yang ditujukan untuk memasak. Konon, cahaya yang hangat mampu menghadirkan sisi romantis dan Anda bisa lebih santai mengobrol bersama keluarga.

2. Gunakan lampu berlapis

Karena ide menggunakan satu sumber cahaya saja kurang menarik, Anda bisa memasang lampu berlapis di dapur dan meja makan. Lampu berlapis ini bisa menggunakan lampu LED dengan beragam daya dan spektrum warna.

Lampu berlapis akan memudahkan Anda menyesuaikan cahaya yang dibutuhkan. Saat memasak, Anda bisa menyalakan seluruh lampu atau hanya yang berada di area memasak saja. Lalu saat akan bersantap, Anda bisa meredupkan sebagian lampu agar mendukung suasana makan bersama. Agar lebih mudah lagi, gunakan dimmer atau pengontrol lampu sehingga Anda hanya perlu memutar tombol untuk mengontrol cahaya.

3. Pasang lampu di bawah kabinet

Kabinet tempat penyimpanan alat memasak dan makan itu bisa menjadi satu titik peletakkan lampu agar terkesan lebih manis. Lampu yang dipasang di bawah kabinet akan menimbulkan kesan lebih hangat dan membuat isi dapur Anda terlihat lebih mewah.

Agar semakin manis, Anda bisa meletakkan benda-benda yang bisa memantulkan cahaya dari lampu bawah kabinet. Coba letakkan buah apel merah dan botol-botol yang berisi bahan memasak di dapur agar semakin semarak.

4. Sesuaikan dengan gaya desain interior dapur Anda

via dekoruma.com

Cara yang paling tepat tentu saja dengan menyesuaikan pencahayaan berdasarkan desain dapur Anda sendiri. Jika bagi Anda hal ini cukup sulit dilakukan, coba minta bantuan pada Dekoruma untuk mendesain kitchen set khusus buat Anda. Selain dikenal sebagai penyedia segala perlengkapan rumah tangga berkualitas dengan harga terjangkau, Dekoruma juga bisa membantu Anda mewujudkan dapur impian dengan desain interior yang memukau.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sini. Pertama, Anda dibebaskan dari biaya konsultasi dengan desainer berbakat. Kedua, setelah sepakat dengan desain yang akan digunakan, tim Dekoruma bisa menyelesaikan semuanya dalam waktu delapan minggu. Jika ternyata molor dari deadline yang ditentukan, Anda berhak mendapatkan potongan diskon yang dihitung per minggu keterlambatan. Kemudian, ada garansi selama dua tahun dari proses instalasi. Dan yang paling menarik adalah ada opsi cicilan 12 bulan dengan bunga 0% untuk pemegang Mandiri kartu kredit.

Jadi, tak sulit kan mewujudkan dapur cantik impian Anda dan keluarga?

Komentar

komentar


Terbaru

Bamsoet Sebut PBNU Ingin Presiden Kembali Dipilih MPR

SURATKABAR.ID - Ketua Majelis Permusyawaratan (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan jika Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan usulan agar pemilihan presiden kembali ke MPR. Hal...

Penginput Anggaran Fantastis Lem Aibon Akhirnya Angkat Suara: Saya Pikir Tak Akan Viral

SURATKABAR.ID – Terkait anggaran lem Aibon senilai Rp 82 miliar, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat mengaku keliru memasukkannya dalam APBD DKI Jakarta 2020. Sudarman...

Sri Mulyani Bongkar Masih Ada Menteri yang Tak Punya WA dan Pakai SMS, Siapa?

SURATKABAR.ID – Aplikasi chatting WhatsApp menjadi salah satu yang populer di Indonesia, bahkan dunia. Hampir semua orang sekarang ini sudah memanfaatkannya. Namun ada satu...

Konyol, Dosen Ini Bubarkan Kelasnya Lebih Awal untuk Hukum Mahasiswanya yang Telat

SURATKABAR.ID – Dalam dunia perkuliahan, tidak jauh beda dengan masih sekolah. Ada saja siswa ataupun mahasiswa yang terlambat datang ke kelas, dengan berbagai alasan...

Satu Kampus Kaget saat Tahu Kaesang Ternyata Anak Presiden Indonesia, Ia Juga Dapat Uang...

SURATKABAR.ID – Nama Kaesang Pangarep di Tanah Air sudah begitu kondang dan terkenal. Ia merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada cerita yang...

Viral Slip Gaji Bupati Banjarnegara di Diunggah di Instagram, Ternyata Segini Jumlahnya

SURATKABAR.ID – Sebagai masyarakat biasa, kita kerap kali bertanya-tanya seberapa besar haji seorang kepala daerah. Pasalnya, banyak orang yang ingin menjadi kepala daerah. Dan...

Kisah Pertemuan Prabowo dan Megawati Menjelang Pemilihan Ketua MPR, Ternyata….

SURATKABAR.ID - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani gagal menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Saat memasuki ruang sidang, Kamis (3/10/2019), ia nampak tidak bahagia...