Terungkap! Ini Pekerjaan Setya Novanto Sebelum Jadi Ketua DPR


    SURATKABAR.ID – Posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI saat ini tengah diuji dengan dugaan kasus korupsi.

    Meski telah membantahnya, politisi Partai Golkar ini dituding menerima aliran dana korupsi megaproyek e-KTP senilai Rp 574 miliar.

    Namun, jauh sebelum menjabat sebagai Ketua DPR RI, sebenarnya seperti apa kehidupan Setya Novanto?

    Menurut pengakuan dan ceritanya saat mengisi sebuah acara di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Pariaman, pada bulan Maret 2017 lalu, Novanto pernah menjalani kesulitan ekonomi semasa mudanya.

    Baca juga: Sudah Jadi Artis dan Kaya Raya, Kehidupan Evi Masamba Bikin Netizen Melongo

    Bahkan, semasa kuliah, untuk membiayai hidupnya Novanto pernah bekerja sebagai sopir, bahkan pembantu rumah tangga.

    “Saat mahasiswa, agar tidak perlu membayar kos, saya menjadi sopir keluarga di tempat saya tinggal. Saya juga jadi pembantu, membersihkan rumah, dan lainnya,” tutur Novanto, Sabtu (25/3/2017) silam, dilansir tribunnews.com.

    Beragam pekerjaan juga dilakoninya untuk mengumpulkan uang. Meski begitu, ia tidak pernah menyerah ataupun minder dengan kondisinya saat itu.

    “Pagi hari sebelum menjadi sopir mengantar anak-anak tuan rumah ke sekolah, jam 4 pagi saya jualan beras di pasar Surabaya. Dari situ saya mulai kumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk keperluan kuliah,” lanjutnya.

    Kehidupan Novanto sedikit demi sedikit mulai berubah ketika ia bekerja sebagai tukang cuci mobil di sebuah dealer di Surabaya.

    Suatu ketika, pemilik dealer bertanya padanya cara untuk meningkatkan penjualan mobil dan menaikkan omset perusahaan. Dengan ilmu yang dimilikinya, Novanto kemudian menjawab pertanyaan ini.

    “Karena saya kuliah mengambil akuntansi, saya sedikit banyak tahu tentang perekonomian. Alhamdulillah, akhirnya saya dipercaya menjadi Ketua penjualan mobil Indonesia bagian timur di perusahaan tersebut,” tutur alumi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ini.

    Jawaban itulah yang menjadi awal mula titik balik hidupnya, Novanto makin sukses hingga kemudian bisa menjadi seorang pengusaha.

    Baca juga: Menteri Susi “Digoyang” Cantrang, Komentar Petinggi BIN Malah Begini

    Setelah namanya besar dan dikenal, Novanto mulai menjajal ranah politik bersama Partai Golkar. Dari sini, ia kemudian dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Ketua DPR RI.