Hari Ini Matahari Tepat di Atas Kakbah, Begini Himbauan Kemenag


SURATKABAR.ID – Berdasarkan data astronomi, hari ini, Minggu (16/7/2017), matahari akan melintas tepat diatas Kakbah.

Menurut Direktur Urusan Agama islan dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Muhammad Thambrin peristiwa tersebut akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah,” terang M. Thambrin di Jakarta, Jumat (14/7/2017), dilansir kemenag.go.id.

Thambrin melanjutkan, fenomena alam ini juga dikenal dengan sebutan Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah. Dengan kata lain, benda yang terkena sinar matahari bayangannya akan menunjuk ke arah kiblat, yakni Kakbah.

Baca juga: Sempat Protes Keras Kedatangan Jokowi Ganggu Pernikahan Anaknya, Ibu Ini Akhirnya Ucap Alhamdulillah

Peristiwa yang jarang terjadi ini akan sangat menguntungkan bagi umat Islam karena bisa memastikan kembali arah kiblatnya. Sebab, kesalahan sedikit saja dalam menentukan arah kiblat akan berpengaruh sangat besar pada ibadah salat.

Untuk menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda saat Rashul Qiblah tak bisa sembarangan. Terdapat sejumlah hal yang wajib diperhatikan.

Kasubdit  Hisab Rukyat Dit Urais Nur Khazin menyampaikan, terdapat sedikitnya tiga hal yang harus diperhatikan untuk menetukan arah kiblat, yakni:

  1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul
  2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata
  3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom

Nah, karena Rashul Qiblah baru terjadi sore nanti, sebaiknya pagi ini segala kebutuhan yang diperlukan dipersiapkan terlebih dahulu.

Pertama adalah menyiapkan bandul atau lot yang akan digunakan sebagai benda pengukuran. Selanjutnya, pastikan bahwa tanah atau lantai pengukuran benar-benar datar. Untuk memastikan, bisa menggunakan alat pertukangan sederhana.

Sedangkan langkah ketiga, agar waktu penyesuaian arah kiblat benar-benar tepat, cocokkan jam dengan waktu yang ditentukan oleh BMKG, RRI, atau pun Telkom.

Yuk, pastikan arah kiblat sudah sesuai ketentuan syariat!