Blak-Blakan! Ternyata Begini Pendapat Obama Tentang Jokowi


SURATKABAR.ID – Mantan Presiden Amerika Barack Obama, sudah beberapa hari di Indonesia. Dan ini menjadi ‘pemandangan’ langka bagi netizen Indonesia. Di Indonesia, Obama menyempatkan diri untuk liburan ke Pulau Dewata, Bali dan juga ke Jogjakarta. Presiden Amerika ke 44 ini menikmati berbagai keragaman budaya yang terdapat di Indonesia.

Setelah bertandang ke Bali dan Jogja, pada Jumat (30/6/2017) yang lalu Barack Obama bertandang ke Istana Kepresidenan di Bogor dan menjumpai Presiden Jokowi berserta keluarganya. Pertemuan itu merupakan yang pertama sejak Obama tidak menjabat lagi sebagai Presiden Negeri Paman Sam.

Keduanya pernah bertemu dan bekerja sama saat masin-masing menjadi kepala negara. Pada Oktober 2015 yang lalu, Presiden Jokowi menemui Obama di Gedung Putih, AS. Meskipun intensitas pertemuannya tidak terlalu sering, ternyata Obama mengaku cukup mengenal mantan Wali Kota Solo tersebut. Bahkan, Obama menyebutkan Jokowi sebagai pemimpin yang tenang dan memiliki integritas yang tinggi.

Baca juga: Akrabnya Jokowi dan Obama, Cicipi Bakso Sampai Makan Sate Sepiring Berdua

“Sejak kami bekerja bersama, saya selalu melihat pribadi yang tenang, penuh integritas, seseorang dengan disiplin yang tinggi,” ujar Obama saat menjadi pembicara dalam Kongres Diaspora Indonesia di The Hall Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017), seperti yang tertera di kompas.com

Dan kata-kata yang keluar dari mulut Obama tersebut mendapatkan sambutan yang begitu meriah dari hadirin yang sebagian besar merupakan peserta diaspora. Para hadirn memberikan tepuk tangan yang riuh saat Obama mengutarakan pendapatnya mengenai suami dari Iriana Joko Widodo tersebut.

Obama juga memuji kepemimpinan Jokowi yang selama tiga tahun terakhir sudah bisa melakukan berbagai pembangunan, mulai dari ekonomi, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang juga semakin digenjot peningkatannya oleh pemerintah.

Baca juga: Netizen Heboh Foto ‘Obama Kecil’ Bersalaman dengan Bung Karno, Inilah Fakta Sesungguhnya

“Saya bilang ke Presiden Jokowi, negara Asia yang akan saya kunjungi pertama kali setelah tidak lagi menjabat Presiden adalah Indonesia. Itu karena saya percaya dengan masa depan negeri ini,” kata Obama.