Soal Heboh Video Petugas Kepolisian Bentak Pemobil, Begini Respon Kapolres Surakarta


 

SURATKABAR.ID – Sebuah video menjadi viral karena memuat perbincangan di tengah jalan antara polisi dengan pengguna media sosial. Yang mengunggah merasa dirinya dibentak oleh petugas terkait. Mengundang kehebohan, akhirnya malah banyak netizen yang lebih mendukung si polisi mengingat ketegasan diperlukan saat kondisi lalu lintas tengah macet. Kapolres Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo juga mem-back up penuh petugas tersebut.

Begitu video tersebut ramai di media sosial, Ribut Hari langsung bergerak mencari informasi dan kronologi kejadian yang sebenarnya terjadi di lapangan. Diketahui, dua anggota yang berada di video itu tengah mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Demikian mengutip liputan Detik hari ini, Jumat (30/6/2017).

Kronologi Kejadian

“Datang dua mobil yang hendak bertanya kepada petugas namun berhenti di tengah jalan dan menyebabkan jalan semakin macet. Brigadir Irwan dan Bripka Andri menghampiri mobil tersebut dan meminta untuk menepi,” beber Ribut Heri dalam keterangannya, Jumat (30/6/2017).

Ribut Hari menuturkan, dengan nada tegas namun tidak membentak, Brigadir Irwan meminta pengemudi berhenti di tepi jalan atau di pos polisi yang ada setelah traffic light tersebut. Namun pengemudi dan penumpang mobil tersebut menganggap Brigadir Irwan membentak mereka.

Baca juga: Usai Jemput Obama dan Jenguk Ahok di Mako Brimob, Djarot Temui Jokowi di Istana Bogor

“Untuk menghindari adanya gesekan, Brigadir Irwan beralih ke jalan untuk mengatur jalan yang semakin macet karena mobil tersebut berhenti. Bripka Andri kemudian meminta kembali dengan halus agar mobil tersebut dapat menepi dan akhirnya mobil tersebut mau untuk menepikan mobilnya,” urai Ribut Heri.

Permohonan Maaf

Dinyatakan oleh Ribut Hari bahwa kedua anggotanya itu tidak bersalah mengingat diperlukan ketegasan dalam tindakan mereka. Ketegasan tersebut tentunya demi kepentingan masyarakat yang lebih besar dan sudah sesuai dengan prosedur.

“Namun, apabila ada masyarakat yang tidak berkenan dengan penyampaian anggotanya, kami menyampaikan permohonan maaf. Dan terkait viralnya netizen yang membela anggota polisi tersebut, kami juga mengucapkan terima kasih,” ungkap Ribut Hari.

Video pendek yang menggambarkan polisi dan pengendara mobil berdebat  tersebut beredar di kalangan netizen karena sengaja direkam salah satu penumpang dari dalam mobil yang merasa kesal. Ia merasa dibentak polisi saat menanyakan arah jalan. Namun banyak yang mendukung si petugas polisi, karena dinilai hanya melakukan sikap tegas di tengah kemacetan.

Baca juga: Hiii Seram! Kepolisian di Negara Ini Diminta Tangkap Hantu Perempuan Mengerikan

Perekam nampak sedang pergi bersama keluarganya di Banjarsari, Surakarta, Jateng. Seperti yang dipantau oleh tim SuratKabar, video tersebut beredar di salah satu akun media sosial pada hari Kamis (29/6/2017). Akun tersebut sudah meminta izin untuk mengunggah video tersebut dari salah satu penumpang mobil.