Menengok Rumah Masa Kecil Obama, Begini Kondisinya Sekarang


SURATKABAR.ID – Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Hussein Obama, kini tengah berkunjung ke Indonesia. Dalam lawatannya untuk berpidato mengenai isu globalisasi dan pluralisme, Obama juga punya banyak kenangan di Indonesia. betapa tidak, dirinya pernah tinggal di rumah di jalan Taman Amir Hamzah No.22, Menteng, Jakarta Pusat semasa kecilnya.

Rumah tersebut kini berdinding warna krem dilengkapi taman di samping rumah dan halaman yang luas. Taman samping rumah Obama kecil, ditumbuhi beragam jenis pohon dan bunga, sehingga tampak asri dan rimbun.

Berdasarkan pantauan tim wartawan, halaman rumah yang luas digunakan sebagai jalan masuk dan beralasankan batu kerikil, juga dapat digunakan untuk tempat parkir. Rumah yang menjadi saksi dari masa kecil Obama tersebut bergaya arsitektur Belanda dan minimalis. Hunian itu dibangun di atas lahan yang memiliki lebar sekitar 40 meter dan panjang sekitar 20 meter, sebagaimana diliput dalam reportase Tribun, Jumat (30/6/2017)B

Bangunan rumah tersebut tampak masih mempertahankan bentuk aslinya, sedangkan di bagian genteng warnanya sudah tak lagi cerah. Hunian yang tepat berada di tepi jalan ini dibatasi pagar besi berwarna putih bertinggi 1,5 meter di bagian depan. Saat tim media mencoba masuk, rumah dalam keadaan sepi dan terkunci. Hanya ada sebuah mobil terparkir di sudut dalam bangunan.

Baca juga: Buka-bukaan, Istana Tegaskan Tidak Benar Gaji Presiden dan Wakil Presiden Naik

Diketahui, dulu Barack Hussein Obama tinggal di Menteng, bersama ibunya Stanley Ann Dunham dan ayah tirinya, Lolo Soetoro. Obama kecil sempat mengenyam pendidikan sekolah dasar, di SD Negeri 01 Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara itu, rencananya Barack Obama tiba di Jakarta pada siang hari ini (30/6/2017), di bandara Halim Perdanakusuma, setelah berlibur dari Yogyakarta. Sebelumnya, Barack Obama dan keluarga juga telah menghabiskan liburan di Bali selama 5 hari.

Ini Sebabnya Yogyakarta Istimewa Bagi Obama

Kunjungan ‘pulang kampung’ Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Hussein Obama ke Indonesia bisa dikatakan sangat berkesan. Terlepas dari posisinya yang tak lagi menjabat sebagai presiden sebuah negara adidaya, lawatan ini bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Bersama istri dan kedua anaknya, Malia dan Sasha, dia mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bali dan Yogyakarta. Baginya, Yogyakarta bukanlah tempat yang asing. Barry, sapaan akrab Obama, sewaktu kecil kerap datang dan menghabiskan waktunya di rumah paman tirinya di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman, setiap libur panjang.

Di kota Pendidikan itu, dia mengunjungi Candi Borobudur-Candi Prambanan dan santap kuliner khas Bantul, Mie Letek. Menurut Dino Pati Djalal, Obama menikmati saat ‘pulang kampung’.

Baca juga: Begini Pujian dari Kepala BNPB Atas Prestasi Ahok Tanggulangi Banjir

“Dari foto-foto yang beredar, dia senang. Yang jelas menikmati kunjungan ke Indonesia,” katanya.

Sebagai kenang-kenangan kepada pria yang pernah bersekolah di SD Katolik Santo Fransiskus Asisi dan SDN 01 Menteng itu, pihak Diaspora Indonesia akan memberikan hadiah. Namun, sampai saat ini, Dino masih merahasiakannya.