Orangtua Ngamuk Karena Anak Tak Lolos Akpol, Komentar Polri Malah…


    SURATKABAR.ID – Bukan hal yang mudah untuk menjadi salah satu peserta didik di Akademi Polisi alias Akpol. Bukan hanya kemampuan akademik, kemampuan fisik pun menjadi salah satu penilaian.

    Baru-baru ini, beredar sebuah video di grup WhatsApp. Video tersebut menampilkan sejumlah orang yang menggeruduk Mapolda Jawa Barat (Jabar) dan marah-marah karena tak terima anaknya tak lulus seleksi.

    Seorang pria berkemeja kotak-kotak berwarna biru mengaku bahwa anaknya berada di posisi 15 dari 23 peserta. Namun, anaknya malah tak lulus dalam ujian itu. Anehnya, peserta dengan nilai yang lebih rendah malah lolos dalam tahap seleksi.

    Ini (anaknya) rangking 15 dari 23 tetapi enggak masuk. Otaknya dimana ini,” ujar pria tersebut pada panitia, dilansir merdeka.com.

    Baca juga: Nekat Puaskan Diri Pakai Kerang, Lihat yang Terjadi Pada “Rudal” Pria Ini

    Ucapan pria ini kemudian disambung oleh seorang ibu yang mengenakan baju batik dan kerudung hitam. “Untuk apa dibuat tesnya. Kalau begitu tunjuk saja yang bakal lolos,” katanya.

    Protes para orang tua yang anaknya tak lolos seleksi ini pun terus saling menyambung dan meminta agar panitia memberikan penjelasan atas hasil seleksi tersebut.

    Bukan hanya protes dari orang tua, sejumlah peserta pria yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang pun tampak menangis dan ditenangkan oleh yang lain.

    Sementara itu, pihak kepolisian yang menerima protes tampak hanya terdiam melihat aksi tersebut. Ada pula sejumlah petugas yang menenangkan para orang tua.

    Menanggapi hal ini, Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengaku telah melihat video tersebut. Dia juga berjanji akan segera mendalami informasi ini untuk menentukan sikap.

    “Kita sudah melihat video tersebut. Nanti kita akan pelajari dulu apa yang terjadi dan kemudian baru kita lakukan sikap apa yang kita sampaikan,” ujar Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (29/6/2017) dilansir merdeka.com.

    Baca juga: Tegas! MUI Larang Wanita Bersuami Posting Foto di Medsos

    Selain itu, Martinus mengaku pihaknya juga telah mendapatkan laporan dari masyarakat perihal sistem seleksi masuk Akpol yang dinilai tak adil. Untuk itu, pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu sebelum memberikan tindakan.

    “Bila nanti ini terkait dengan adanya satu pelanggaran-pelanggaran tentu akan kita tindaklanjuti. Kita lihat nanti,” lanjutnya.