Mau Lancar Puasa dan Tetap Bugar? Ternyata Ini 2 Rahasianya


SURATKABAR.ID – Diperlukan kondisi fisik yang senantiasa prima agar mampu menunaikan ibadah puasa dengan maksimal. Pasalnya, berpuasa berarti tidak ada makan siang apalagi camilan sore. Dengan jadwal makan yang berubah ketika sahur dan berbuka setelahnya, tak dapat dipungkiri kandungan nutrisi dalam tubuh pun bisa berkurang.

Lantas bagaimana cara agar menyiasatinya? Tentu Anda menginginkan ibadah puasa yang lancar dengan kondisi tubuh yang tetap prima. Melansir reportase Okezone, Kamis (15/6/2017), rupanya ada hal lain yang perlu diperhatikan selain mengonsumsi makanan yang sehat agar tubuh tetap kuat selama berpuasa. Kuncinya ternyata terletak pada berolahraga dan minum susu. Lho bagaimana mungkin? Bukankah olahraga bisa bikin tubuh malah jadi lemas?

Berolahraga

Diterangkan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Rachmad Wishnu Hidayat, ternyata dengan berolahraga, tubuh jadi tetap bertenaga dan kebugaran tetap terjaga. Penyakit pun jadi tidak akan mudah menyerang Anda. Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa olahraga selama berpuasa memang tak bisa seintens seperti ketika Anda berolahraga di luar Bulan Ramadhan.

“Dikhawatirkan risiko cedera tinggi dan malah akan membatalkan puasa. Makanya, intensitas dan durasinya pun harus dikurangi,” tandas dr Wishnu pada acara Greenfields: Tetap Fit Selama Bulan Ramadhan dengan Berolahraga dan Mengonsumsi Susu Segar Greendfields, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Baca juga: Menyibak Fakta Dibalik ‘Pre-Wedding Berakhir Pembunuhan’ Asworo dan Wiwit

Berdasarkan tips yang tertera dalam HelloSehat, Anda bisa melakukan olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang saat berpuasa, contohnya berenang, berjalan santai, Yoga, Tai chi dan bersepeda.

Sedangkan contoh olahraga yang sebaiknya Anda hindari ketika menjalani puasa adalah senam aerobik, jogging, sepak bola dan tenis.

Sebenarnya, Anda masih bisa melakukan olahraga intensitas berat tersebut, namun akan lebih baik lagi bila kegiatan itu dilakukan kala Anda sudah berbuka puasa. Ini dimaksudkan agar tubuh memiliki cukup bekal untuk menghasilkan energi.

Rutin Konsumsi Susu

Dr Wishnu juga menambahkan, bukan hanya berolahraga, tubuh bisa jadi fit juga dengan rutin mengonsumsi susu. Bahkan, dengan minum 2 gelas susu saat berpuasa, itu akan mencukupi nutrisi harian tubuh. Dengan begitu, Anda pun akan sanggup melewati puasa dengan kondisi yang sehat.

Baca juga: Nggak Cuma 1, Ini Tulisan Afi Nihaya yang Diduga Plagiat

“Penting juga minum susu agar tidurnya nyenyak. Sebab, di dalam susu terkandung asam amino tryptophan yang bisa membuat tubuh mendapatkan tidur yang berkualitas,” tukasnya.