Begini Pengakuan Siti Fadilah Tentang Amien Rais yang Dituding Terima Rp 600 Juta


SURATKABAR.ID – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) disebut telah menerima dana hasil korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) Kementerian Kesehatan sebesar Rp 600 juta.

Namun, hal mengejutkan diakui Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang menjadi tersangka kasus tersebut. Meski aliran dana itu menjadi salah satu fakta persidangan, Siti mengaku tak tahu menahu.

“Kami tidak tahu, saya dengarnya saja dari persidangan ya. Tidak ada satu pun dari saya, tidak ada dana dari saya atau ke saya,” ungkap Siti setelah mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (7/6/2017), dilansir kompas.com.

Siti melanjutkan, dirinya sama sekali tak ada kaitannya dengan aliran dana itu. Ia juga merasa tak memiliki kepentingan dengan partai politik manapun, termasuk PAN yang pernah dipimpin Amien Rais dan Sutrisno Bachir.

Baca juga: Dijauhi Karena Jadi Mualaf dan Berhijab, Artis Keturunan Tionghoa Ini Dapat Berkah di Bulan Ramadan

Sebelumnya, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa Siti terbukti telah meyalahgunakan wewenang sebagai Menteri Kesehatan dalam pengadaan alat kesehatan untuk megantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005 di Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan.

Dalam persidangan, jaksa menyampaikan bahwa sejumlah uang yang diterima sebagai keuntungan pihak swasta juga mengalir ke rekening Amien Rais.

Bukan hanya itu, Jaksa juga mengungkapkan bahwa pada September 2005, Siti beberapa kali bertemu dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika Ary Gunawan dan Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF) Nuki Syahrun.

Jaksa melanjutkan, penunjukan langsung Siti terhadap PT Indofarma merupakan sebah bantuan untuk Partai Amanat Nasional (PAN). Ini masih berkaitan dengan pengangkatan siti sebagai Menteri Kesehatan yang direkomendasikan Muhammadiyah.

Namun, siapa sangka fakta-fakta persidangan yang disampaikan Jaksa KPK ini dibantah oleh Siti. Dia mengaku sama sekali tak tahu soal Sutrisno Bachir ataupun Amien Rais.

Baca juga: Nama Amien Rais Disebut Jaksa KPK, Zulkifli: Ini Orderan

“Saya dituduhnya adalah dikira punya hubungan dengan Indofarma, itu tidak betul. Fakta persidangan, saya tidak hubungan dengan Indofarma dan Soetrisno Bachir. Saya tidak tahu menahu yayasan SB atau pun Amien Rais,” tuturnya.