Mengerikan! Polisi Temukan Jajanan Anak Berbahan Dasar Ini


    SURATKABAR.ID – Orang tua wajib waspada akan apa yang dikonsumsi anak-anak di luar rumah. Tanpa sepengetahuan orangtua, bisa saja makanan tersebut mengandung bahan berbahaya dan tak layak dikonsumsi.

    Belum lama ini, ditemukan jajanan anak-anak atau makanan ringan yang terbuat dari bahan tak layak konsumsi. Terbukti, jajanan ini terbuat dari pakan ternak.

    Bisnis makanan menjijikkan ini dijalankan oleh tiga orang, yakni M Basyori (42), Tamrin (40) dan Ali Murtadho (37).

    Kasatreskrim Polresta Sidorajo, Kompol M Harris mengungkapkan bahwa ketiga tersangka membeli pakan ternak yang berbentuk mie kering. Mereka mendapatkan pakan ternak berbentuk mie itu dari sebuah pabrik pakan ternak di Gresik. Selanjutnya, pakan ternak tersebut diberi merek dan dijual untuk konsumsi manusia.

    Baca juga: Setahun Berlalu, Yusuf Mansyur Kembalikan Dana Investor

    “Namun oleh ketiga tersangka pakan ternak itu malah dijadikan makanan ringan yang diberi merek dan dijual untuk konsumsi manusia, terutama anak-anak,” jelas Harris ketika menggelar rilis kasus perkara, Jumat (2/6/2017), dilansir tribunnews.com.

    Pakan ternak tersebut, sebenarnya benbentuk mie panjang. Namun, oleh pelaku dihancurkan sehingga berbentuk remah-remah. Untuk menghilangkan rasa pakan ternak, mie akan dicampur dengan bumbu seperti balado dan asin-gurih.

    Mie dari pakan ternak tersebut dikemas dalam kemasan plastik dengan merek Mie Mickey Joss dan Mie Cha Cha.

    Mirisnya, ketiga tersangka telah menjalankan bisnis mengerikan ini selama sembilan tahun lamanya. Mereka memasarkan produknya di wilayah Jawa Timur, seperti Sidoarjo, Jombang, dan Madura.

    “Tidak ada izin apapun terkait usaha yang dilakukan ketiga tersangka. Setahun pernah sampai untung Rp 2 miliar,” ungkap Harris.

    Produsen pakan ternak berbentuk mie sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan bisnis tersebut. Pasalnya, pelaku mengaku bahwa pakan ternak tersebut akan diberikan pada sapi.

    Baca juga: Demian Tampil dalam AGT, Deddy Corbuzier Geram Setengah Mati. Ada Apa?

    “Ke produsen bilangnya buat pakan usaha ternak sapi milik tersangka. Namun malah disalahgunakan,” lanjut Harris.

    Atas perbuatannya, ketiga tersangka akan dijerat dengan Pasal 134 UU RI No 18 Tahun 2012 tetang Pangan dan Pasal 135 UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda maksimal dua miliar.