Komentari Kasus Habib Rizieq, Din Syamsudin: Ini Bahaya


SURATKABAR.ID – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsudin akhirnya buka suara soal penetapan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus chat mesra.

Bahkan, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu juga telah ditetapkan sebagai buronan oleh pihak kepolisian.

“Etika saya tidak mau menanggapi persoalan. Tapi, hemat saya diclearkan karena simpang siur di pemberitaan,” tutur Din Syamsudin di gedung DPR, Senanayan, Jakarta, Rabu (31/5/2017) dilansir viva.co.id.

Din menghimbau agar pihak kepolisian selalu menjunjung tinggi penegakan hukum yang berkeadilan. Menurutnya, pihak kepolisian tak boleh melakukan tebang pilih dalam menegakkan hukum.

Baca juga: Geger! Fahri Hamzah Lakukan Ini, KPK Berang

“Dan dalam penegakan hukum harus berkeadilan. Hati-hati lembaga penegak hukum, kalau tidak berkeadilan baik karena tebang pilih atau karena ini bukan kawan tapi lawan, ini berbahaya,” katanya.

Din melanjutkan, jika pihak kepolisian melakukan tebang pilih alias tak berkeadilan dalam menangani proses hukum, masyarakat tentu akan melawan.

Sebab, ketidakadilan akan melahirkan rasa tak percaya pada hukum, sehingga dapat memicu ketidakpatuhan sosial. Meski begitu, Din menyebut bahwa seluruh warga negara juga harus siap menjalani proses hukum.

“Tak etika saya berpihak pada orang perorang,” lanjutnya.

Sementara itu, terkait dugaan kriminalisasi ulama, Din lebih memilih jawaban diplomatis. Menurutnya, kasus Rizieq saat ini bukanlah sebuah persoalan besar. Namun, harus dilihat kembali apa yang menjadi prioritas dalam penyelesaian masalah.

“Tapi yang paling penting yang terjadi sekarang kelihatannya ada kekerasan pemodal, ikut didukung kekerasan negara. Ini yang direaksi oleh rakyat phisical violence dan sebut agama. Ini kalau tak diatasi tak akan berhenti. Akan aksi reaksi. Ini saatnya tegakkan keadilan,” tegas Din.

Saat ini Habib Rizieq telah ditetapkan sebagai buronan kepolisan setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam chat mesra antara dirinya dengan Firza Husein.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaGeger! Fahri Hamzah Lakukan Ini, KPK Berang
Berita berikutnyaMasinton: Jubir KPK Jangan Seperti Kaleng Rombeng