Tanggapi Isu Upaya Adu Domba Dirinya vs Anies Baswedan, Mendagri: Jelas Sekali Itu Fitnah!


    SURATKABAR.ID – Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri menekankan ada pihak yang berupaya mengadu domba dirinya dengan dan Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Saat ditanya tentang kebenaran berita Tjahjo Kumolo yang mencurigai Anies Baswedan ingin mengganti Pancasila dengan Syariah Islam, Kumolo lantas mengungkapkan fakta tersebut.

    “(Berita itu-red) mengadu domba saja, dan sudah dilacak BIN akunnya,” tutur Tjahjo, hari Minggu lalu (28/5/2017), seperti direportasekan dalam Republika, Selasa (30/5/2017).

    Bukan hanya itu. Tjahjo Kumolo juga menjelaskan, sudah ada klarifikasi dari wartawan tentang portal yang memuat berita adu domba itu. Dia menegaskan, situs berita Tribunhot.com begitu juga dengan Tribunislam, Tribunkota, Tribunsenayan atau http://beritatribun.blogspot.com, beritatribun.blogspot.com bukanlah bagian dari portal Tribunnews.com.

    Melalui media massa, Tjahjo Kumolo juga meminta kepada semua pihak khususnya masyarakat untuk lebih hati-hati dan cermat lagi, baik dalam menerima dan menyebarluaskan informasi berita.

    Baca juga: Pemerintah Libatkan TNI AD untuk Tumpas Terorisme, Bagaimana dengan Polri?

    Portal Berita Hoax

    Sebelumnya, portal berita dengan nama Tribunhot.com memuat pemberitaan bersifat fitnah dan mengandung unsur adu domba terkait Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Masyarakat diminta tak terprovokasi dengan isu yang diberitakan dalam media tersebut.

    “Pemberitaan ini jelas sekali bersifat fitnah, adu domba dan hoax. Dimohon semua pihak diminta tak terpengaruh dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Provokasi ini memiliki tujuan untuk mengadu domba. Jangan langsung asal percaya dan lalu menyebarluaskan informasi tersebut,” tegas Tjahjo.

    Senin (22/5/2017) lalu, dimuat pemberitaan bahwa Mendagri Sebut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan Ingin Ganti Pancasila Jadi Syariat Islam di website Tribunhot.com.

    Hal itu langsung dibantah oleh Tjahjo Kumolo.

    Baca juga: Luhut Ceritakan 4 Proyek Besar Investasi China, Begini Wanti-wanti Jokowi Soal Komunisme

    “Waspadai berita viral dan fitnah. Ini mau adu domba saya dengan Anies Baswedan,” tandas Tjahjo Kumolo dalam keterangannya kepada media, Kamis (25/5/2017) lalu.

    Berdasarkan pantauan SuratKabar, Selasa (30/5/2017), kini situs yang dimaksud telah diblok oleh pemerintah. Melalui filter Internet Positif yang dikelola oleh kominfo.go.id, Tribunhot.com dinyatakan termasuk situs terlarang dan tak dapat diakses melalui jaringan karena terindikasi mengandung salah satu unsur pornografi, judi, pishing, SARA dan PROXY.