Duh, Beras Campur Sabun Cuci Piring Beredar di Gresik


SURATKABAR.ID – Selama Ramadan dan menjelang Lebaran biasanya harga bahan makanan akan meningkat tajam. Mulai dari beras, bumbu, hingga lauk-pauk, harganya bisa berkali-kali lipat dari hari biasa.

Kesempatan ini, kerap digunakan oleh pedagang nakal untuk mencurangi para pembeli. Salah satu yang telah terungkap adalah beras oplosan yang beredar di Gresik.

Satuan Tugas Polres Gresik berhasil mengamankan sebanyak 1,5 ton beras yang dicampur dengan sabun cuci piring. Aparat kepolisian menemukan beras oplosan ini setelah merazia sebuah gudang di Dusun Terongbangi, Desa Kandangan, Gresik, Minggu (28/5/2017).

Kecurigaan bermula ketika warga menemukan keanehan pada beras yang akan dimasaknya. Ketika dicuci, beras ini malah menimbulkan busa seperti saat mencuci piring.

Baca juga: Polisi Larang Dakwah Live Streaming Selama Ramadan, Begini Komentar Pedas Fahri Hamzah

Keanehan ini pun dilaporkan kepihak berwajib untuk diselidiki. Benar saja, ketika melakukan penggeladahan, polisi menemukan beras yang dicampur dengan sabun cuci piring. Dalam penggerebekan tersebut, petugas mengamankan barang bukti dan meringkus S (43) sebagai tersangka utama.

S menuturkan, dia mencampur beras dengan sabun agar warnanya putih sehingga laris di pasaran. Menurutnya, beras yang sebelumnya berwarna coklat, akan tampak putih dengan bantuan sabun cuci piring.

Cara yang digunakan S terbilang cukup sederhana. Dia menggunakan sabun cuci piring yang dicampur ke dalam 14 liter air. Selanjunya, beras direndam dalam larutan sabun selama beberapa saat hingga warnanya berubah.

Saat ini, S telah mendekam dipenjara dan dijerat dengan pasal 136 huruf a dan b UU RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman pidana paling rendah 5 tahun kurungan dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

“Beras dijual dengan merk Cendrawasih Spesial dan merk Ikan Paus,” ungkap Wakapolres Gresik Kompol Wahyu P. Utama, dilansir merdeka.com.

Beras oplosan sabun cuci piring dengan dua merk tersebut saat ini telah beredar di sejumlah pasar tradisional di Gresik.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPolisi Larang Dakwah Live Streaming Selama Ramadan, Begini Komentar Pedas Fahri Hamzah
Berita berikutnyaWow! Baru Lahir, Bayi Ini Langsung Jalan Kaki