Inovasi Pendidikan, Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi ‘Tongsis’

Selamat Tinggal Bolos Sekolah


SURATKABAR.ID – Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung kembali berinovasi, kali ini bidang yang digarap adalah bidang pendidikan. Inovasinya menghasilkan sebuah aplikasi baru bernama Toong (Bahasa Daerah Sunda berarti ‘intip’) Siswa yang disingkat Tongsis. Kang Emil, sapaan akrab dari Ridwan Kamil menyebutkan bahwa aplikasi Tongsis ini bisa digunakan orang tua atau wali murid.

Fungsinya tak lain adalah untuk mengetahui keberadaan anak atau siswa. Dalam aplikasi tersebut, siswa bisa diketahui apakah tengah bolos atau tidak saat pulang sekolah.

Alhamdulillah, sekarang orangtua siswa di Kota Bandung bisa mendeteksi di mana lokasi anaknya jika bolos atau pulang sekolah. Menggunakan apps di smartphone bernama Tongsis (Toong Siswa). Toong artinya intip,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagram miliknya.

Aplikasi Tongsis tidak hanya bisa mengecek lokasi pelajar, tetapi bisa juga menjabarkan perkembangan, data, dan nilai peserta didik di sekolah, demikian lansiran dari Otonomi.co.id, Selasa (23/5/2017).

Baca juga: Tampak Berbunga-bunga, Maia Estianty Lamaran?

Apps ini bisa digunakan untuk mengecek absensi sekolah, dialog dengan wali kelas /guru. Bisa juga untuk mengecek nilai ujian dan nilai-nilai rapor anaknya,” tambah Emil.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar para orang tua semakin tentram menyekolahkan anaknya di Kota Kembang.

“Semoga para orangtua makin regreug (tenang) dan tentram menyekolahkan anaknya di Kota Bandung. *Aplikasi Toong Jodoh sedang proses, sementara aplikasi Toong Suami terpaksa saya batalkan. Hatur nuhun,” tutupnya berseloroh dalam tulisan Instagramnya.

Alhamdulillah, Sekarang orang tua siswa di Kota Bandung bisa mendeteksi dimana lokasi anaknya jika bolos atau pulang sekolah. Menggunakn apps di smartphone bernama Tongsis (Toong Siswa). Toong artinya Intip. Apps ini bisa digunakan untuk mengecek absensi sekolah, dialog dengan wali kelas/guru. Bisa juga untuk mengecek nilai ujian dan nilai-nilai rapor anaknya. Semoga para orang tua makin regreug dan tentram menyekolahkan anaknya di kota Bandung. *Aplikasi Toong Jodoh sedang progres, sementara Aplikasi Toong Suami terpaksa saya batalkan ??. Hatur Nuhun.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on