Mengejutkan! Amien Rais Sebut Pejabat Terima Rp 10 T dari Reklamasi


    SURATKABAR.ID – Hingga kini, reklamasi teluk Jakarta masih menuai pro dan kontra. Bahkan, isu ini juga menjadi salah satu senjata pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

    Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, juga mendukung Anies-Sandi karena janji mereka untuk hentikan reklamasi. Dari awal, Amien memang menjadi salah satu tokoh yang menolak keras proyek ini.

    Namun, Selasa (16/5/2017) lalu, Amien mengeluarkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan. Menurutnya, ada pejabat pemerintah yang menerima uang Rp 10 triliun dari pengembang untuk melancarkan proyek ini.

    “Ini jelas Podomoro ya sudah membuat iklan di Hong Kong, katanya ada pejabat kita yang dapat Rp 10 triliun,” ujarnya ketika menjadi pembicara di sebuah seminar dengan tema ‘Stop Reklamasi Teluk Jakarta’ di Ruang KK I Gedung DPR, Senayan, dilansir merdeka.com.

    Baca juga: PTUN Menangkan Keputusan Jokowi untuk Tak Nonaktifkan Ahok

    Untuk itu, Amien berharap agar proyek reklamasi ini segera dimoratorium. Pasalnya, hanya segelintir orang saja yang merasakan keuntungannya, yakni pihak pengembang.

    “Secara logis untuk kepentingan bangsa, ini harus kita hentikan bersama-sama,” tegasnya.

    Amien juga mengucapkan rasa syukurnya karena pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat kalah dalam Pilgub DKI Jakarta yang digelar April lalu.

    “Andai kata dia menang, ini selesai. Tapi karena Allah masih menyayangi bangsa kita ini, kasih napas dulu,” tuturnya.

    Sementara itu, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengaku pihaknya belum mengetahui ucapan Amien Rais itu. Seandainya ucapan itu memang benar, KPK mempersilakan Amin untuk melapor ke KPK.

    “Kami selalu menegaskan kepada rakyat, seluruh warga negara yang ada di Indonesia. Siapa saja yang mengetahui terdapat indikasi kasus korupsi maka silakan laporkan ke penegak hukum termasuk KPK,” ujarnya, Kamis (18/5/2017).

    Baca juga: Sebut PDIP Sarang PKI, Begini Nasib Alfian Tanjung Sekarang

    Febri menegaskan, pihaknya akan memberikan kesempatan seluas-luasnya agar Amien bisa segera melaporkan indikasi suap dalam proyek reklamasi tersebut.

    “Jelas kami akan tanggapi dan segera kami tindak jika memang terbukti apa yang beliau sampaikan tersebut, sampai saat ini kami memang belum mendengar pernyataan beliau,” lanjutnya.