Terungkap! Ini Identitas Pemuda yang Berhasil Lumpuhkan WannaCRY


SURATKABAR.ID – Beredarnya virus jenis ransomware bernama WannaCRY cukup menghebohkan beberapa waktu belakangan. Bukan cuma Indonesia, 150 negara lain juga menjadi korban keganasan virus ini.

Seorang pemuda yang masih berusia 22 tahun telah berhasil melumpuhkan WannaCRY. Awalnya, pemuda ini tak mau identitasnya terungkap dan menggunakan nama samaran MalwareTech.

Namun, kini identitasnya telah terungkap. Pria bernama Marcus Hutchsins mengaku tak sengaja melumpuhkan WannaCRY. Tapi, karena ketaksengajaannya itu, Marcus berhasil mencegah WannaCRY menyebar lebih luas.

Cara yang dilakukan Marcus sebenarnya sangatlah sederhana, tapi juga sangat tak terduga.

Baca juga: Waspada! Ini Ciri Komputer yang Terinfeski Ransomware WannaCRY

Awalnya, Marcus mencoba menganalisis sampel WannaCRY dan menemukan bahwa ransomware ini terhubung dengan alamat web yang belum terdaftar. Tanpa pikir panjang, dia mencoba mendaftarkan domain tersebut. Cara ini memang biasa dilakukannya untuk menyelidiki sebuah serangan siber.

Siapa sangka, cara sederhanya yang dilakukannya ternyata ampuh untuk menghentikan kejahatan WannaCRY. Ransomware yang bikin pusing 150 negara ini mendadak non aktif setelah mengenali bahwa domain sudah terdaftar.

Alhasil, WannaCRY yang awalnya menyebar dengan cepat dan sempat menginfeksi lebih dari 200 komputer, menjadi sangat melambat dibanding sebelumnya.

Dikutip detik.com dari Guardian, Marcus awalnya memang tak ingin identitasnya diungkap. Namun, berkat kegigihan media Inggris, terungkaplah identitas pahlawan muda ini. Marcus yang tinggal bersama keluarganya di selatan Inggris, bekerja jarak jauh untuk perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Kryptos Logic.

Di kamar tidurnya yang kecil nan nyaman, sekaligus menjadi tempat kerjanya, Marcus berhasil melumpuhkan WannaCRY.

“Aku keluar untuk makan siang bersama temanku dan kembali di sore hari ketika melihat banyak artikel mengenai rumah sakit di Inggris kena serangan. Aku pun menemukan sampel malware itu dan melihatnya terkoneksi pada domain yang spesifik, yang tak terdaftar,” ungkap Marcus, dilansir detik.com.

Hanya berniat iseng, Marcus mencoba mendaftarkan domain yang terhubung ke WannaCRY tersebut.

Baca juga: Terungkap! Ini yang Sebabkan Polisi Lambat Usut Kasus Habib Rizieq

“Aku sebenarnta tak tahu apa yang kulakukan saat itu, bahwa mendaftarkan domain ternyata bisa menghentikan malware itu. Jadi dalam CV-ku nanti aku hanya bisa menulis pernah secara tidak sengaja menghentikan serangan siber internasional,” tuturnya bercanda.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAhok Diancam Akan Dibunuh, Wiranto Segera Sarankan Ini
Berita berikutnyaIndonesia Makin Geram, 7 Negara Ini Coba Usik Papua Lagi