Air Telaga Hitam Ini Dipercaya Berkhasiat, Setelah Diteliti Kandungannya Bikin Tercengang


SURATKABAR.ID – Sebuah telaga kecil dengan air yang berwarna hitam pekat membuat heboh warga. Bahkan, air dari telaga ini dipercaya berkhasiat dan dapat menyembuhkan penyakit.

Sejumlah foto telaga yang terletak di desa Ai Kasae, Si Sakhon, Narathiwat, Thailand, ini pun mendadak viral di media sosial. Kisah tentang telaga ini makin banyak dibicarakan karena dibumbui dengan cerita mistis.

Warga setempat juga menganggap telaga hitam ini sebagai tempat keramat dan airnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Dilansir tribunnews.com dari Bangkok Post, saking viralnya di Facebook, sejumlah orang bahkan berbondong-bondong datang untuk mengambil air di telaga tersebut.

Baca juga: 2 Hari Tanpa Titik Terang, Densus 88 Bantu Cari Dosen ITB yang Menghilang

Apalagi, keanehan juga terjadi pada air telaga ini. Setelah dibiarkan semalaman, air yang tadinya berwarna hitram pekat berubah menjadi bening. Warna hitamnya akan benar-benar pudar dan menghilang.

Rumor lain pun mulai menyebar, disebutkan ada seorang dokter yang meneliti kandungan air ini. Ternyata air ini sangat bersih bagaikan mata air dari pegunungan.

Tak berhenti sampai disitu, rumor juga menyebutkan bahwa warga desa setempat yang buta, bisa melihat kembali setelah membasuh matanya dengan air ini.

Karena masyarakat begitu antusias datang ke telaga hitam untuk mengambil airnya, pemerintah setempat akhirnya mengambil tindakan. Mereka melakukan penelitian terhadap kandungan air di telaga ini.

Hasilnya? Amat mengejutkan dan bakal membuat semua orang yang telah percaya menyesal. Pasalnya, setelah melakukan penelitian, dinas kesehatan menemukan bahwa air telaga tersebut terkontaminasi tinja hingga warnanya berubah menjadi hitam.

Kenyataan ini tentu menyadarkan masyarakat bahwa air telaga ini sama sekali tak memiliki khasiat untuk menyembuhkan. Bahkan, air dari telaga ini sangat berbahaya dan memicu berbagai penyakit karena penuh kuman.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, pemerintah setempat kemudian melakukan sosialisasi pada warga desa tentang kandungan air telaga hitam dan pengaruh buruknya terhadap kesehatan.