Gempar! Tertangkap Kamera, Kuntilanak di Atap Gereja Hebohkan Tempat Ini


    SURATKABAR.ID – Sosok menyeramkan baru-baru ini tertangkap oleh banyak kamera di atap gereja di kawasan Hyderabad, Pakistan. Banyak orang berkumpul mengabadikan penampakan sosok yang terlihat hanya duduk dengan pakaian putih, berambut panjang. Foto ini menjadi viral di media sosial Pakistan usai penyanyi Pakistan, Faakhir Mehmood membagikannya di akun Facebook.

    “Bisakah menebak sosok seseorang di sini? Foto CHURAIL yang difoto oleh banyak orang pada tengah malam di Hyderabad”, tulisnya, seperti dikutip dari reportase Tribun, Jumat (12/5/2017).

    Seketika postingannya menjadi viral dan langsung dibagikan oleh 736 akun Facebook dan dikomentari 1700 akun lainnya.

    Legenda Churail

    Apa itu churail? Churail adalah sebutan untuk hantu perempuan. Churail terkenal sebagai sosok hantu di negara India, Pakistan, dan Bangladesh. Churail ini biasa dikenal dengan istilah kuntilanak di Indonesia.

    Baca juga: Mistis! Pendaki Ini Ceritakan Saat Ia Tersesat di Pasar Bubrah, Gunung Merapi

    Menurut cerita rakyat sana, churail adalah hantu perempuan yang meninggal ketika melahirkan atau hamil.

    Ada pula yang menyebutkan kematiannya dikarenakan ulah sang mertua dan muncul untuk membalas dendam pada keluarga mertua.

    Dilansir dari Wikipedia, hantu ini memiliki kekuatan menyamar sebagai wanita cantik dan menariknya ke pegunungan. Di sana, churail akan membunuh dan menyedot darahnya, hingga mereka mengubahnya seketika menjadi orang tua.

    Tapi lucunya, postingan ini malah banyak diejek oleh banyak akun Facebook yang menurut banyak akun tak mungkin ada churail.

    Akun Muneeb Hassan menuliskan, “Itu benar churail dan orang-orang ini lari untuk menyelamatkan hidupnya.”

    Sementara akun Fouzia Khan menuliskan, “Jika itu churail, orang-orang ini harus menyelamatkan hidupnya dan churail tak bisa ditangkap kamera.”

    Lain lagi dengan akun Arfan Khan yang menuliskan, “Mungkin artis Pakistan sedang duduk di dinding dan tanpa make up.”

    Akun Mallika Sharma merespon, “Sekarang churails pindah ke kota, apakah dia jadi tetanggamu yang tinggal di bangunan beton?”

    Sedangkan akun Dyan Marshall Yani berkomentar, “Oh tolong, aku melihatnya juga di Indonesia.”

    Kunti di Indonesia

    Di Indonesia sendiri, Kuntilanak (bahasa Melayu: Pontianak atau Puntianak, atau sering disingkat “kunti”) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “puntianak” merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”.

    Mitos ini mirip dengan mitos hantu langsuir yang dikenal di Asia Tenggara, terutama di nusantara Indonesia. Mitos hantu kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

    Baca juga: Pelaku Penyiram Air Keras Novel Belum Terungkap, Instruksi Presiden Tak Diindahkan?

    Sedangkan Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.