Duh, Ki Gendeng Pamungkas Ditangkap Polisi. Ada Apa?


    SURATKABAR.ID – Kabar mengejutkan datang dari paranormal kondang Ki Gendeng Pamungkas. Pria 69 tahun ini dituding telah melakukan diskriminasi terhadap ras dan etnis tertentu alias rasis.

    Ki Gendeng ditangkap dirumahnya di kawasam Bogor, jawa Barat, pada Selasa (9/5/2017), menjelang tengah malam. Sejumlah barang bukti juga diamankan bersamanya.

    “Ditangkap di Jalan Tanah Merdeka, Perumahan Bogor Baru, Blok D IV, No 45, RT 07 RW 01, Tegal Lega, Kota Bogor, semalam sekitar pukul 23.00 WIB,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu (10/5/2017), dilansir liputan6.com.

    Dia dijerat dengan Pasal 4 huruf b jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 156 KUHP tentang Perbuatan Menunjukkan Kebencian karena Perbedaan Ras dan Etnis.

    Baca juga: Terungkap! Politikus PDIP ‘Serang’ Novel Baswedan Karena Kasus E-KTP

    Saat menangkap Ki Gendeng di rumahnya, polisi juga menyita sejumlah barang bukti terkait tudingan rasis tersebut. Diantaranya berupa 1 unit ponsel, jaket jeans dengan tulisan ‘Fight Againts Cina. 67 kaus atau baju dengan tulisan anti-China, dan 1 topi Front Pribumi warna hitam

    Selain itu, polisi juga mengamankan sejumlah senjata tajam dan senjata api. Bukti lain yang juga diamankan berupa 1 bangku, 4 pisau sangkur, 2 air softgun, sejumlah stiker dan badge dengan tulisan anti-China, recorder CCTV, serta kartu identitas tersangka.

    “Sekarang tersangka masih ditahan di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk diperiksa intensif,” lanjut Argo.

    Disamping penyelidikan yang telah dilakukan polisi, penangkapan Ki Gendeng ini berdasarkan informasi dan laporan dari masyarakat.

    Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan detail tentang dugaan rasis yang menjerat Ki Gendeng Pamungkas. Apakah karena sejumlah barang bukti yang mengarah pada sikap anti-Cina atau hal lain. Pasalnya, bersama sejumlah barang bukti bernada rasis, diamankan pula senjata tajam dan senjata api.