Nyalakan Lilin di Depan Rutan Cipinang, Massa: Bebaskan Ahok!


SURATKABAR.ID – Sebanyak kurang lebih ratusan massa pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mulai menyalakan lilin di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur pada kisaran waktu salat Magrib, pukul 18.15 WIB. Aksi ini disebut sebagai simbol dukungan untuk Ahok.

“Kami semua di sini untuk Ahok, untuk bebas, bebaskan Ahok,” teriak orator di mobil komando, Selasa (9/5/2017). Seperti dilaporkan dalam Liputan6.

Selain dengan lilin, massa para pendukung Ahok itu juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan guna menyulut semangat nasionalisme. Salah satunya lagu berjudul Bagimu Negeri.

“Padamu negeri kami berjanji, padamu negeri kami berbakti, padamu negeri kami mengabdi, bagimu negeri jiwa raga kami,” nyanyi mereka secara serentak dan bersamaan.

Baca juga: Mirip Banget Lionel Messi, Mahasiswa Ini Hampir Dipenjarakan

Takkan Beranjak Hingga Ahok Dibebaskan

Berdasarkan pantauan tim media di lokasi, pada pukul 18.30 massa terus bertambah dengan memegang lilin-lilin yang menyala. Mereka mengaku tidak akan beranjak dari depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur, hingga Ahok bisa dibebaskan.

Dengan wajah bertoreh lurik putih, para pendukung Ahok tampak gigih memperjuangkan suara mereka agar Ahok bebas.

Seperti diketahui, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis dua tahun penjara atas kasus penistaan agama. Hal itu diperkuat oleh Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto yang menyatakan Gubernur DKI Jakarta tersebut bersalah dan terbukti melakukan tindakan penodaan agama dan menjatuhkan vonis kepada terdakwa.

Atas keputusan vonis dua tahun tersebut, Ahok akan melakukan banding.

Sementara itu, I Wayan Sudirta selaku kuasa hukum Ahok, mengaku kecewa atas putusan hakim tersebut.

“Tekanan ini luar biasa. Hakim kan manusia biasa juga. Oleh karena itu sekali lagi kita bisa memaklumi tapi kita kecewa dengan putusan itu makanya kita banding”, tukas I Wayan Sudirta.

Adapun sejumlah media online internasional seperti The New York Times, The Straits Time, ABC, The Washington Times dan The Guardian turut menyoroti kasus akbar yang menyebabkan banyak pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat ini.

Baca juga: Kamu Varises? Usapkan 5 Bahan Alami Ini untuk Menghilangkannya

Sejak sore tadi, ratusan pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyambangi Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Mereka mendesak Kepala Rutan Cipinang, Jakarta Timur untuk mengeluarkan Ahok dari Rutan Cipinang.

Mereka juga meminta kepala rutan mengizinkan untuk menjenguk Ahok. Ungkapan relawan itu diwakilkan koordinator aksi yang mengenakan kaos hitam bertuliskan “Tuhan Jangan Diajak Kampanye”.