Inilah 4 Bahaya Pomade yang Belum Banyak Diketahui Cowok

Haruskah stop pakai pomade?


SURATKABAR.ID – Sering dijadikan andalan untuk tampil rapi dan stylish, bisa dibilang, pomade sudah jadi tren di kalangan cowok masa kini. Tak lengkap rasanya keluar rumah kalau belum menata rambut dengan pomade, baik yang berbahan dasar air maupun minyak. Tapi tahu gak sih, kalian, kalau ternyata pomade itu sebenarnya menyimpan efek berbahaya buat kesehatan. Berikut beberapa diantaranya.

Mengutip IDNTimes, Senin (8/5/2017), inilah 4 bahaya bagi para cowok pengguna pomade yang sedang mengintaimu dan kamu wajib tahu.

1. Tak jarang, pomade menimbulkan kerusakan kulit kepala alias ketombe.

Penggunaan pomade berlebihan kabarnya bisa bikin rusak kulit kepala alias ketombean, guys. Terlebih jika pomade yang kamu pakai mengandung minyak berlebih. Minyak yang terkandung dalam pomade dipercaya bisa menyebabkan minyak alami rambut susah keluar dari pori-pori kulit kepala. Akibatnya minyak menggumpal dan menyebabkan kulit kepala rusak dan nampak pecah-pecah.

Baca juga: Ormas HTI Resmi Dibubarkan, Apakah FPI Selanjutnya? Jawaban Wiranto Mengejutkan

Selain itu, ketombe bisa juga muncul akibat penggunaan pomade yang kurang rata dan rambut atau tangan yang terlalu basah sewaktu menggunakannya. Nah, cara mengatasi masalah ini bisa dibilang susah-susah gampang. Tindakan pertama sih kamu bisa mengatasi dengan berhenti pakai pomade sementara waktu. Tak lupa gunakan juga shampo anti ketombe. Namun jika kerusakannya sudah parah, mending kamu langsung konsultasi sama dokter saja ya!

2. Pomade juga bisa sebabkan kebotakan.

Memang pomade itu gak serta-merta sebabkan kebotakan rambut. Hanya saja, buat kamu yang punya alergi tertentu, komposisi (terutama yang bersifat kimia) yang terkandung di dalam pomade ini bisa jadi bereaksi negatif dengan kulit kepalamu. Hasilnya, rambut pun mudah rontok deh.

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab lainnya yang jarang disadari kamu pengguna pomade. Kebiasaan seperti terlalu sering menyisir rambut terus-menerus ketika memakai pomade atau menggunakannya bersamaan dengan pewarnaan rambut bisa sebabkan rambut rontok dan alami kebotakan. Untuk mengatasinya, kuncinya hany satu. Rajin-rajinlah mencuci bersih rambut pasca penggunaan pomade.

3. Tak jarang, pomade membuat jerawat mudah muncul.

Buat kamu pengguna pomade berbahan dasar minyak, biasanya akan muncul jerawat di sekitar area rambut seperti di dahi, kulit kepala dan bagian kulit lain yang kerap terkena pomade. Jerawat yang biasa muncul karena penggunaan pomade umumnya merupakan gabungan antara blackheads dan whiteheads. Penyebab munculnya jerawat karena pomade seringkali disebabkan oleh ketidakcocokan kulit kepala dengan bahan atau komposisi pomade yang bersifat kimia.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa kurangi risiko kemunculan jerawat akibat pomade dengan cara kurangi atau hentikan pemakaian pomade berbahan dasar minyak. Cobalah beralih ke pomade yang berbahan dasar air saja!

4. Kalau gak kuat, pomade juga bisa bikin mual!

Meskipun kasus ini tak sering terjadi, tapi buat kamu yang terlalu sensitif biasanya pernah mengalami hal ini. Bau alias wewangian yang terkandung di dalam pomade memang dapat memicu sakit kepala. Terlebih jika pomade yang digunakan merupakan produk massal. Bisa dipastikan pomade andalanmu itu memiliki kandungan pewangi sintetis yang tinggi, sehingga gak jarang menyebabkan mual kalau kamunya gak tahan.

Sebagai alternatif, kamu bisa beralih dari penggunaan pomade dengan wangi sintetis ke pomade tradisional yang wanginya alami. Meski terkadang baunya kurang sedap, pomade tradisional lebih aman untuk digunakan. Terlebih jika kamu termasuk tipe orang yang sensitif.

Baca juga: Kamu Varises? Usapkan 5 Bahan Alami Ini untuk Menghilangkannya

Demikianlah efek samping dari penggunaan pomade yang bahayanya mungkin belum kamu ketahui. Buat kamu yang doyan tiap hari pakai pomade, usahakan langsung keramas tiap pengujung hari agar sisa pomade hilang. Ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepalamu tetap terjamin. Selain itu, cermatlah dalam memilih pomade yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepalamu. Pastikan bahannya aman dan alami biar kamu bisa tetap gaya sekaligus sehat!