Pemerintah Bikin Aturan Baru Soal Gaji PNS. Apa Isinya?


SURATKABAR.ID – Pemerintah kembali menelurkan aturan baru terkait Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kali ini, aturan baru mengenai gaji PNS sesuai jabatan yang diembannya.

Selama ini, pangkat karir PNS tentu sangat mempengaruhi besaran gaji yang diterimanya. Namun, ketika sudah tak menjabat pangkat itu lagi, besaran gaji akan tetap sama. Padahal, beban kerjanya telah berubah.

Misalnya, ketika PNS dengan golongan IV A menjabat sebagai Direktur Jenderal suatu Kementerian, dia akan dianggap sebagai Eselon I.

Gaji dan tunjangan yang diterimanya tentu akan makin meningkat. Namun, ketika sudah tak menjabat lagi dan beban kerjanya lebih ringan, besaran gaji ini tak lagi mengalami penyesuaian.

Baca juga: Diajari Soal Pancasila oleh Petni, Jokowi Hanya Bisa…

Nah, aturan yang baru dikeluarkan ini akan menghindari kucuran dana berlebih seperti contoh tersebut.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatut Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Setiawan Wangsaatmaja, menuturkan bahwa hal semacam itu tak akan lagi terjadi dengan keluarnya Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 2017 tentang manajemen PNS.

PNS yang telah lepas dari jabatannya, pangkat atau golongannya akan kembali ke asal. Sehingga, besaran gaji dan tunjangan yang diterimanya akan disesuaikan.

“Kalau sekarang kan masih melekat pangkatnya. Nanti, tidak lagi,” tutur Setiawan, dilansir jpnn.com.

Bukan cuma soal gaji, nantinya istilah golongan I-IV juga akan dihapus. Istilah ini akan digantikan dengan kelas jabatan 1-15. Pemetaan untuk pengalihan kelas jabatan juga telah berjalan di tingkat pemerintah pusat.

“Ini nunggu PNS daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Kompetensi dan Kinerja SDM Aparatur Otok Kuswandaru menuturkan bahwa aturan soal jabatan ini akan dikeluarkan bersamaan dengan PP gaji dan tunjangan.

Menurutnya, perubahan aturan ini akan membuat pengeluaran negara akan sangat efisien. Sebab, negara hanya akan memberikan gaji sesuai dengan beban kerja para PNS.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDiajari Soal Pancasila oleh Petani, Jokowi Hanya Bisa . . .
Berita berikutnyaBikin Video Humor, Pria Ini Mengaku Berpenghasilan 3M