Bukan Salju, Ternyata Ini yang Selimuti Jalanan Jakarta


SURATKABAR.ID – Netizen dihebohkan dengan kabar turunnya salju di Jakarta. Sebuah video yang menyebar di internet memperlihatkan jalanan Ibu Kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, tertutup oleh benda putih yang berceceran.

Sontak, netizen pun beranggapan bahwa benar-benar turun salju di Jakarta. Namun, BMKG telah memastikan bahwa informasi tersebut adalah kabar hoax.

“Saya jelaskan terkait fenomena yang beredar. Itu hoax, bukan merupakan fenomena salju,” tutur Kepala Bagian Humas BMKG, Haru Tirto Djatmiko, Sabtu (6/5/2017), dilansir detik.com.

Hary menjelaskan, setelah melihat video viral tersebut, menurutnya yang turun mengguyur Jakarta sore itu bukanlah hujan es. Sementara benda putih yang menyelumuti jalanan adalah tumpahan busa dari truk yang melintas di jalan tersebut.

Baca juga: Aher Tandatangani Kerja Sama dengan 4 Provinsi di Tiongkok

“Yang kedua, kalau melihat videonya, bukan merupakan hujan es. Jadi yang terjadi tadi sore adalah tumpahan busa dari truk yang melewat di Jalan Sudirman, penjelasannya seperti itu,” terangnya.

Sebelumnya, sosial media Twitter sempat heboh karena video berdurasi 21 detik. Para pengguna Twitter juga heboh membicarakan fenomena aneh itu dan penasaran akan kebenarannya.

Pasalnya, video yang menampilkan jalanan Jakarta ini bukan hanya menunjukkan jalanan yang basah karena terguyur hujan, tapi juga adanya benda-benda putih yang berceceran sepanjang jalan.

Diketahui bahwa video tersebut diambil dari dalam mobil. Oleh karenanya, benda putih yang berceceran di jalan itu, tak dapat terlihat dengan jelas apakan memang salju atau zat lain.

Tak cuma netizen, artis cantik Titi Rajo Bintang juga sempat mengunggah video tersebut di akun Twitter miliknya. Dia menuliskan keterangan ‘Wow bgt ini‘ yang disertai dengan emoticon terkejut.

Sementara itu, Pemprov DKI mengatakan bahwa busa ini merupakan busa busa proyek MRT dan tengah menyelidiki keamanannya. Sebab, busa ini harusnya diolah dalam instalasi pengolahan air limbah dan tak boleh dibuang langsung ke saluran umum.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAher Tandatangani Kerja Sama dengan 4 Provinsi di Tiongkok
Berita berikutnyaDapat Mimpi Tak Biasa, Lulung Yakin Ahok akan Dipenjara