Wow! Hanya 9 Persen Saja Warga Papua yang Tak Puas dengan Kinerja Jokowi


SURATKABAR.ID – Masyarakat Papua mengaku sangat puas dengan kinerja dari Pemerintahan era Jokowi – Jusuf Kalla selama tiga tahun menjabat. Dan berdasarkan pada penelitian dari survei Indikator Politik, tingkat kepuasan dari masyarakat Papua ini sangatlah tinggi, hampir sempurna.

Sebanyak 89 persen meyarakat papua menyebutkan rasa kepuasananya. Dan sementara itu 9 persen menyebutkan tidak puas dan sisanya tidak menjawab. Hal tersebut sejalan dengan pandangan masyarakat tentang separatisme sebanyak 60 persen masyarakat Papua sepakat untuk bergabung dengan NKRI.

Dan adapun yang menginginkan kemerdekaan hanya sekitar 18 persen saja, sementara sisanya tidak menjawab. Hendro Prasetyo, Peneliti Indikator Politik menyebutkan jika kepuasan warga Papua terhadap pemerintah pusat tersebut tidak terlepas dari adanya kebijakan-kebijakan khusus yang dilakukan.

Contohnya saja pembangunan tol laut-udara, BBM satu harga dan perlawanan terhadap Freeport. Dan semua itu, berdasarkan pada Hendro, mendapatkan respon yang cukup positif dari masyarakat.

Baca juga: Terkait Gerakan Anti Pancasila, Ini Kata Adhyaksa Dault

’’Semua program tersebut mendapat respons yang positif,’’ ujarnya di kantor Indikator Politik, Cikini, Jakarta, kemarin (5/5), seperti yang tertera di jpnn.com

Akan tetapi menurutnya lagi, ada sebuah keanehan yang ditemukan dalam penelitian yang dilakukan. Meski masyarakat merasa cukup puas ada sektor-sektor tertentu yang dianggap pemerintah tidak berhasil.

Contohnya saja kinerja pihak pemerintah dalam memperbaiki ekonomo rumah tangga yang angka kepuasannya hanya mencapai 35 persen saja. Pun sama dengan sektor pendidikan dan kesehatan 40 persen warga menilai belum terjangkau.

Meskipun begitu Hendro memintal hal tersebut menjadi catatan untuk pemerintah pusat. Sebab, jika sektor itu tidak dinilai dengan baik akan menurunkan nilai kepuasan masyarakat.

Baca juga: Tegas! GP Ansor Nyatakan Siap Hadapi Kelompok Intoleran di Indonesia

’’Harus diwaspadai. Meski puas, ada banyak persoalan yang belum memuaskan,’’ terangnya.

Dan Sirojudin Abbas, pengamat politik dari SMRC menyebutkan kepuasan masyarakat Papua terhadap kinerja Jokowi hanya baru sebatas harapan saja. Sebab jika ditinjau dari lapangan, sejumlah kebijakan khusus yang dicanangkan pemerintah belum baik.

Dan dalam pemenuhan kebutuhan dasar seperti infrastruktur juga masih jauh jika dibandingkan dengan daerah lain.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTerkait Gerakan Anti Pancasila, Ini Kata Adhyaksa Dault
Berita berikutnyaTerungkap! Buwas Sedang Incar Artis Terkenal yang jadi Bandar Narkoba Internasional