Ahok Akan Kembali Lakukan Penggusuran, Anies Nyatakan Hal Ini


SURATKABAR.ID – Masalah penggusuran tetap menjadi salah satu problem utama di Ibu Kota. Anies Baswedan yang hampir dipastikan akan jadi Gubernur DKI Jakarta pada Oktober mendatang tetap berkomitmen untuk tidak melakukan penggusuran. Ia berpendapat jika penggusuran harus berdasarkan keputusan warga Jakarta.

“Jadi bukan sekarang saya mengatakan moratorium, itu sejak bulan Oktober dan seruan itu tidak berubah. Keputusan (gusur-menggusur) oleh rakyat. Rakyat yang memutuskan itu,” katanya di Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2017), dikutip dari merdeka.com.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) tersebut menegaskan jika pemimpin tidak bisa secara sepihak menentukan penertiban. Semua harus dimusawarahkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ahok: Kamu Belum Gubernur

“Jadi jangan sepihak. Seakan-akan saya lebih tahu enggak yang paling tahu musyawarahkan dan ini yang akan kita kerjakan besok bulan Oktober,” ujarnya.

Isu mengenai penggsusran kembali mencuat setelah sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan akan kembali menertibkan warga di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Bahkan penertiban akan dilakukan hingga akhir masa jabatannya pada Oktober 2017.

“Ya kita sikat (tertibkan) terus,” ujar Ahok saat ditanya soal langkah yang dipilih agar Kampung Akuarium tak kembali diduduki warga, Selasa (2/5/2017), dikutip dari detik.com.

Ahok mengaku telah meminta Wali Kota Jakarta Utara untuk melakukan penertiban. “Aku sudah minta Wali Kota tertibkan, termasuk Satpol PP,” ujar Ahok.

Senada dengan Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga mengatakan jika kembali melakukan penertiban bangunan liar di lokasi bekas penggusuran di Kampung Akuarium.

“Ya kita jaga, ya kita akan tertibkan lagi. Kan itu masuk cagar budaya kan, kita akan kembalikan nanti ya,” kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017), dikutip dari merdeka.com.