Aneh! Politisi Golkar Ini Malah Yakin Setya Novanto Jadi Tersangka Korupsi e-KTP


SURATKABAR.ID – Yorrys Raweyai, Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Golkar menyebutkn jika Ketua Umumnya hampir pasti didtetapkan sebagai tersangka dalam kasus mega korupsi e-KTP.

“Memang Ketua Umum hampir pasti menjadi tersangka dalam kasus ini,” paparnya dalam sebuah diskusi di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (24/4/2017) seperti yang tertera di kompas.com

Adanya surat pencegahan bepergian ke luar negeri yang dilayangkan KPK kepada Setnov merupakan pertanda awal dari pentersangkaan kepadanya. Dan penyebutan peran Novanto dalam salah satu persidangan perkara korupsi pengadan e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi juga menujukkan gelagat kuatnya keterlibatan Setya Novanto dalam perkara tersebut.

“Kalau Anda ikuti persidangan kan sudah jelas. Ya kami tidak mau menutup diri dengan mencari-cari alasan lagi. Ini ada di fakta persidangan, ada kejadiannya,” papar Yorrys.

Baca juga: Pilkada DKI Jakarta Usai, Kini Pilgub Jawa Barat Giliran Ridwan Kamil Diserang Isu Agama

Sementara partai Golkar merespon hal tersebut dengan digelarnya proses internal. Yorrys enggan untuk mengungkap secara detail langkah apa yang bakal ditempuh oleh partai berlambangkan beringin tersebut demi menyelesaikan masalah yang bisa dibilang tidak kecil itu.

Meski begitu, Yorrys mengungkapkan jika pihaknya tidak akan mengintervensi hukum yang saat ini tengah berjalan.

“Jangan mencampuri persoalan hukum dan persoalan partai. Kami tidak akan mencampuri proses hukum. Kami ini harus menghargai itu,” ujar Yorrys.

Yorrys juga memastikan bahwa keputusan mengenai Novanto itu sudah berlandaskan AD/ART partai.

Baca juga: Pedas! Jusuf Kalla Sebut Rezim SBY-Boediono Zalim ke Pengusaha Kecil

Sebelumnya pada Kamis (20/4/2017) Johanes Richard Tanjaya selaku saksi di Pengadilan Tipikor menyebutkan jika Ketua DPR RI Setya Novanto mendapat bagian 7 persen dalam proyek pengadaan KTP.

Tidak hanya itu saja, di dalam sidang-sidang sebelumnya nama Setya Novanto dan juga Anas Urbaningrum disebut dalam sidang mega korupsi e-KTP. Tentu saja akan banyak pihak yang menunggu-nunggu apakah nantinya Setya Novanto akan terjerat oleh KPK ataupun juga bisa saja bebas.