Pedas! Jusuf Kalla Sebut Rezim SBY-Boediono Zalim ke Pengusaha Kecil


SURATKABAR.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyebutkan jika rezim Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan juga Boediono telah melakukan perbuatan zalim kepada rakyat.

Hal tersebut dismpaikan oleh JK saat menutup Forum Ekonomi Umat yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta pada Senin (24/6/2017).

JK menyebutkan jik saat SBY masih berpasangan dengannya pada periode 2004-2009, suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) pengusaha kecil hanya sekitar 10-11 persen saja. Sementara untuk SBY pada periode kedua bersama dengan Boediono, suku bunga KUR untuk pengusaha kecil dinaikkan 2 kali lipat menjadi 23 persen.

Sementara untuk para pengusaha berskala besar, nilai kredit tetap sama dan tidak ada perubahan.

Baca juga: Pengamat Sebut Jokowi Mulai Tidak Nyaman Sejak Kekalahan Ahok, Kenapa?

“Pengusaha besar (bunganya) 11 persen, pengusaha kecil 23 persen. Itu adalah suatu kezaliman yang terjadi,” kata JK dikutip di kompas.com

Saat ini, katanya, pemerintah justru menurunkan bunga untuk KUR pengusaha kecil. Hal ini untuk mendorong pertumbuahn ekonomi agar bisa semakin merata.

“Sekarang kita turunkan 9 persen, kita akan turunkan lagi jadi 7 persen,”  kata JK disambut gemuruh tepuk tangan peserta kongres

Kongres yang diadakan oleh MUI tersebut berlangsung di Hotel Sahid, Jakarta pada Senin (24/4/2017). Ma’aruf Amin selaku Ketua Umum MUI menyebutkan jika kongres itu merupakan upaya yang tepat untuk menghapuskan kesenjangan masyarakat .

Baca juga: Pilkada DKI Jakarta Usai, Kini Pilgub Jawa Barat Giliran Ridwan Kamil Diserang Isu Agama

“Kongres ini menjadi sebuah titik kepedulian umat muslim terhadap perekonomian Indonesia. Setelah ini, kami ingin adanya perubahan mengenai beberapa hal, termasuk kesenjangan yang sudah terjadi,” papar Ma’ruf di lokasi, dikutip di tribunnews.com

Selain masalah kesenjangan, Ma’ruf Amin juga menjelaskan jika pihaknya menginginkan kerja sama yang baik antara para pengusaha dan juga UMKM dalam rangka menuju era ekonomi baru di Indonesia.

Selain Jusuf Kalla, banyak pula hadir tokoh UMKM, pengusaha besar, perwakilan ormas, dan hadir pula Sandiaga Uno yang merupakan pengusaha dan calon wakil gubenur DKI Jakarta.