Perut Lapar Melulu? Ini Cara Mengatasinya.


cara-tahan-lapar

 

Makan yang berlebihan merupakan awal dari kegemukan, obesitas dan beberapa penyakit yang lainya. Penyakit gula dan kolesterol adalah sedikit dari sekian banyak contoh penyakit yang mudah bersarang ditubuh yang disebabkan oleh pola makan yang salah. Akan tetapi, rasa lapar dan keinginan untuk makan adalah salah satu hal yang sulit ditahan.

Menahan rasa lapar, atau mencegah diri tertarik ketika melihat makanan bukan pekerjaan mudah bagi orang-orang tertentu. Kadang seseorang tak mampu menahan diri untuk makan lagi dan lagi.

Menyoal hal tersebut, Ahli gizi Julie Upton, RD, dari Appetite For Health memberikan 5 kiat agar bisa mengurangi rasa lapar yang tak kunjung habis.

Pertama, perut harus terisi dengan protein. Protein mampu membantu menambah serta menjaga energi tubuh sepanjang hari. Ketika seseorang sedang punya program untuk mengurangi kalori, maka protein adalah solusinya.

Daripada memilih mengkonsumsi karbo yang cenderung membuat seseorang malah gampang lapar dan bahkan mudah lelah, protein jauh lebih baik untuk hal itu. Sebaiknya dipastikan jumlah protein lebih besar dibanding karbo saat makan siang dan makan malam.

Kedua, minum air yang banyak. Salah satu penyebab seseorang merasa lapar adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan meminum segelas air setiap jam bisa menghindari seseorang untuk memakan camilan serta mampu mengurangi rasa lapar yang menggila.

Ketiga, memperbanyak gerak tubuh. Ada semacam sugesti bahwa banyak gerak seperti olahraga akan membuat seseorang mudah lapar, padahal dengan olahraga maka akan memperbaiki metabolisme. Dengan metabolisme yang baik maka rasa lapar tidak mudah muncul

Keempat, minum teh saat sore. Sore hari adalah waktu yang sering digunakan seseorang untuk ngemil. Minum teh pada saat sore hari bisa menggantikan kebiasaan mengunyah cemilan. Salah satu metode yang bisa dipakai adalah menambahkan aroma mint. Aroma mint mampu memuaskan rasa lapar dan membantu merasa kenyang tanpa perlu banyak memakan cemilan.

Kelima, makan sedikit sebanyak lima kali. Kebiasaan makan dua atau tiga kali dalam sehari adalah salah satu alasan seseorang makan dalam porsi yang besar. Padahal dengan membiasakan diri makan dua atau tiga kali sehari dengan jumlah porsi yang besar akan membuat perut seseorang tidak akan pernah puas jika memakan dengan porsi kecil.

Mempersering waktu makan namun menyantap makanan dengan porsi kecil, atau maksimal setengah dari porsoi biasanya akan membantu perut untuk tidak lapar.  Dengan lima kali makan namun hanya setengah porsi sebenarnya juga mengurangi total makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Dari kelima cara tersebut yang paling berperan adalah komitmen untuk merubah gaya hidup serta pola keseharian kita demi kesehatan tubuh. Semoga sukses.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaIni Kesadisan Polisi yang Kepergok Selingkuh oleh Istrinya
Berita berikutnyaIndonesia Mungkin Akan Menjadi Negara yang Maju Jika Rencana Sukarno Ini dilaksanakan