Hati-Hati! Beginilah Kriteria PNS yang Akan Dipecat Secara Tidak Hormat


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan hanya memperbarui aturan penerimaan CPNS di Indonesia, tapi juga telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

PP yang ditandatangani pada 30 Maret 2017 ini salah satunya memuat ketentuan soal pemberhentian PNS secara tak hormat dan pemberhentianĀ dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Dilansir liputan6.com dari laman Manpan.go.id, terdapat sejumlah kriteria yang dapat menyebabkan PNS dipecat secara tidak hormat. Apa saja?

a. Melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

b. Dipidana dengan pidana penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan Jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan Jabatan dan/ atau pidana umum;

Baca juga: Heboh! 2 Wakil Rakyat Malah Berkelahi Saat Hadiri Pemakaman

c. Menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik;

d. Dipidadan dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidan dengan hukuman pidana penjara paling singkat 2 tahun dan pidana yang dilakukan dengan berencana.

PP ini juga menyebutkan bahwa PNS yang dipidana dengan pidana penjara kurang dari 2 tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan benrancana, diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Selanjutnya, disebutkan juga PNS yang diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri apabila melakukan pelanggaran disiplin PNS tingkat berat. Pemberhentian tersebut akan dilaksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin PNS.

Selain itu, PP ini juga menegaskan bahwa PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu dalam pembinaan kepegawaian, diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.

Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan sesuai Pasal 364 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2017.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHeboh! 2 Wakil Rakyat Malah Berkelahi Saat Hadiri Pemakaman
Berita berikutnyaPerkelahian Bule Gahar vs Banci Thailand, yang Menang Malah …