Soal Dugaan TNI Lakukan Makar, Ini Permintaan Politisi PKS


SURATKABAR.ID – Allan Nairn, jurnalis asal Amerika Serikat, menyebut bahwa ada upaya makar yang dilakukan oleh TNI. Hal tersebut disampaikannya setelah melakukan sejumlah investigasi.

Berkaitan dengan tulisan Allan ini, Anggota Komisi I DPR Sukamta meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera merespon investigasi Allan tersebut.

Pasalnya, TNI merupakan tulang punggung Republik Indonesia. Loyalitas mereka terhadap bangsa Indonesia dan pemerintah tentu tak sekalipun diragukan.

“Saya berharap perlu segera ada statemen pembelaan Pak Presiden terhadap TNI yang saat ini sedang dihinggapi isu makar, hal ini akan mendinginkan suasana dan menghilangkan rasa curiga antar berbagai komponen bangsa,” tegas Sukamta dalam keterangan tertulis, dilansir kompas.com, Minggu (23/4/2017).

Baca juga: Punya Ilmu Kebal, Saat Dibuka Bajunya Dua Perampok Ini Malah…

Sukamta menambahkan, jika Presiden tak segera mengeluarkan pernyataan pembelaan untuk TNI, dikhawatirkan akan muncul dugaan-dugaan lain yang bakal berkembang lebih luas dan liar.

“Ini sangat berbahaya bagi kesatuan bangsa dan negara. Saya berharap semua komponen bangsa harus kompak,” lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Selain itu, Sukamta menilai bahwa upaya Mabes TNI untuk menempuh jalur hukum kepada Allan Nairn serta redaksi Tirto.id yang memuat tulisan mengenai dugaan makar TNI ini adalah hal yang sangat wajar.

Meski begitu, Sukamta menganggap bahwa isu ini merupakan isu sensitif yang harus segera direspon oleh pemerintah, yakni Presiden Jokowi.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang disebut ikut berperan dalam upaya makar TNI, memastikan bahwa tulisan Allan sama sekali tak benar alias hoax.

“Saya tidak akan menanggapi. Karena terlalu kecil bagi saya untuk menanggapi itu. Itu hoax. Ngapain harus ditanggapi?” tegas Gatot di Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017).

Dugaan makar atau kudeta terhadap Jokowi memang kerap merebak beberapa waktu belakangan. Namun, dugaan makar oleh TNI tentu menjadi hal yang sangat besar karena TNI merupakan salah satu bagian penting pelindung NKRI.